• Pilih Bahasa :
  • indonesian
  • english

Implementasi Nyata Semboyan “Bhineka Tunggal Ika” di Tengah Ibukota

  • Terakhir diperbaharui : Rabu, 26 April 2023
  • Penulis : Devi Puspita Sari, S.Komp
  • Hits : 445

FIKES UPNVJ - Dalam rangka mengetahui tingkat toleransi beragama masyarakat, sebanyak 14 orang mahasiswa UPN “VETERAN” JAKARTA yang tergabung ke dalam kelompok 2 kelas 21 Pendidikan Bela Negara telah melakukan kunjungan lapangan ke Masjid Istiqlal dan Gereja Katedral yang merupakan pusat ibadah umat muslim dan nasrani di Jakarta pada Minggu, 16 April 2023. Kami berhasil mendapatkan 10 orang narasumber untuk diwawancarai tentang pendapat mereka mengenai toleransi yang sudah terjalin selama ini antara Masjid Istiqlal dan Gereja Katedral.

WhatsApp_Image_2023-04-26_at_14.26.43.jpeg

Kebanyakan dari masyarakat berpendapat bahwa toleransi beragama sangat penting untuk menjaga keutuhan NKRI, apalagi, Indonesia dengan keberagamannya yang majemuk memerlukan kesadaran masyarakat yang tinggi untuk saling menghargai. Masjid dan gereja dibangun berdampingan ini bukan tanpa alasan melainkan memang melambangkan keberagamaan yang beragam dan sebagai simbol toleransi antara umat muslim dan nasrani.

WhatsApp_Image_2023-04-26_at_14.26.39.jpeg

Kelompok kami juga berkesempatan untuk mewawancarai pengurus Masjid dan Gereja. Mereka berkata bahwa Masjid Istiqlal dan Gereja Katedral selama ini saling menyediakan lahan parkir saat hari besar keagamaan (natal maupun idul fitri), hal ini merupakan salah satu bentuk pengimplementasian toleransi beragama yang sudah menjadi tradisi dari tahun ke tahun. Mereka juga berharap toleransi yang sudah terjalin sekian lamanya ini akan terus dilestarikan oleh anak bangsa dan tidak terkikis oleh zaman.

WhatsApp_Image_2023-04-26_at_14.26.34.jpeg

Informasi