• Pilih Bahasa :
  • indonesian
  • english

Pelaksanaan Audit RPS Berbasis OBE Prodi Keperawatan Program Sarjana Dan Diploma FIKES UPNVJ

  • Terakhir diperbaharui : Rabu, 08 Pebruari 2023
  • Penulis : Devi Puspita Sari, S.Komp
  • Hits : 800

FIKES UPNVJ - Pada Hari Kamis-Jumat 26 Januari, dan Rabu 1 Februari  14 Juni 2023 jurusan keperawatan telah melaksanakan audit RPS dan paparan RPS Berbasis OBE (Outcome Based Education)  yang akan diimplementasikan di Pembelajaran SM genap 22/23 di Prodi Keperawatan Program Sarjana dan Diploma. Pembukaan dilakukan oleh sambutan ibu kajur keperawatan Ns. Wiwin Winarti, M.Epid,.MN. Ibu Kajur menyampaikan jika kurikulum OBE adalah pendekatan yang menekankan pada keberlajutan proses pembelajaran secara inovatif, interaktif,dan efektif. Pembelajaran di keperawatan berdasarkan desain RPS OBE dengan metode Case Based dan Project Base Learning sesuai dengan pengalaman kasus-kasus yg ada di Rumah Sakit ,Klinik, dan Komunitas. Ns. Wiwin Winarti, M.Epid,.MN mengaatakan bahwa tujuan dari audit dan re design RPS adalah untuk menjaga kualitas mutu pembelajaran jurusankeperawatan, menyelaraskan kurikulum dan dosen mampu merancang inovasi sesuai dengan SN Dikti dengan pendekan OBE (Outcome Based Education)

WhatsApp_Image_2023-02-08_at_11.00.10.jpeg

Audit RPS ini dihadiri oleh  Kaprodi Sarjana Ns. Fiora Ladesvita, M.Kep,Sp.Kep.MB, Kaprodi Ners Ns.Dora Samaria.,Kaprodi Diploma M.Kep, Ns.Laksita Barbara.,MN dengan para sekretaris prodi S1 Keperawatan Ns. Mareta Dea Rosaline, M.Kep, Sekretaris Prodi Diploma Ns. Diah Tika.,M.Kep., Sekretaris prodi Ners Ns.Cut Sarida Pompey.,MNS.

Rapat ini juga dihadiri oleh Ketua GKM prodi Ns.Gamya Tri Utami.,M.Kep, dengan para GKM prodi, yaitu Ns. Chandra Tri Wahyudi, M.Kes, Ns. Lina Ayu Marcelina, M.Kep.,Sp.Kep.Mat, dan Ns.Indah Permatasari.,M.Kep. Beserta dosen koordinator dan tim pengembang RPS.

WhatsApp_Image_2023-02-08_at_11.00.21.jpeg

Audit RPS OBE Jurusan Keperawatan dilaksanakan oleh Ibu Kajur Keperawatan Ns. Wiwin Winarti, M.Epid,.MN, Kaprodi oleh  Kaprodi Sarjana Ns. Fiora Ladesvita, M.Kep,Sp.Kep.MB, Kaprodi Ners Ns.Dora Samaria.,Kaprodi Diploma M.Kep, Ns.Laksita Barbara.,MN dengan penilaian RPS dan paparan bersama dosen koordinator mata kuliah dan tim dosen pengampu MK berdasarkan :

A.Key consept kurikulum OBE :

  1. Fokus kompetensi/Learning Outcome
  2. Backward Curriculum Design
  3. Constructive alignments
  4. Create Learning Opportunities

B. Yang Dibutuhkan dalam membangun kurikulum OBE :

  1. Visi Misi Jurusan dan Prodi
  2. Program Educational Objective
  3. Program Outcomes
  4. Matriks of Course with program outcomes (Curiculum Map)
  5. Outcome based teaching dan learning delivery sistem
  6. Program Assestment dan evaluation proses
  7. Continuiting quality improvement program

C. Kesesusaian RPS OBE :

1. Matriks Kurikulum OBE Prodi : Kesesuaian kedalaman keluasan,

2. Keseuaian Bahan Kajian, CPL Prodi, Kesesuaian  CPMK DAN Sub CPMK dengan menggunakan  Bloom yanag jelas dan tepat.

3.Bagan Alir Mata Kuliah, Matriks CPL, CPMK, dan Metode Assestmen, Metode Evaluasi Penilaian Berdasarkan CPMK

Informasi