• Pilih Bahasa :
  • indonesian
  • english

Seminar Nasional Kesehatan Masyarakat Dan Call For Paper UPN Veteran Jakarta 2022

  • Terakhir diperbaharui : Rabu, 28 September 2022
  • Penulis : Devi Puspita Sari, S.Komp
  • Hits : 365

FIKES UPNVJ - Pada hari Minggu, 18 September 2022 telah dilaksanakan kegiatan Seminar Nasional Kesehatan Masyarakat dan Call for Paper Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta (UPN VJ) 2022 yang dilaksanakan via online melalui Zoom Meeting dari pukul 08.30 sampai 15.15 WIB. Tema dari Seminar Nasional Kesehatan Masyarakat UPN VJ 2022 adalah Edukasi Pra Nikah bagi Remaja untuk Mencegah Pernikahan Dini serta Menurunkan AKI dan AKB Guna Mewujudkan Indonesia Emas 2045”. Tujuan kegiatan Seminar Nasional ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan peserta mengenai edukasi pranikah bagi remaja untuk mencegah pernikahan dini serta menurunkan angka AKI dan AKB di Indonesia. Selain itu, kegiatan Call for Paper UPN “Veteran” Jakarta 2022 bertujuan guna memberikan wadah dan kesempatan bagi pihak yang terlibat untuk mengembangkan potensi dan mengasah kemampuannya dalam menghasilkan karya ilmiah. Adapun sasaran dari kegiatan ini adalah seluruh mahasiswa/i aktif UPN “Veteran” Jakarta, siswa/i SMA di Depok, mahasiswa/i perguruan tinggi di Indonesia, para akademisi dan praktisi Kesehatan, serta dihadiri oleh sekitar 500 peserta. (ISI JUMLAH YG MENGISI PRE POST, BUKAN 400)

WhatsApp_Image_2022-09-28_at_12.26.28.jpeg

Kegiatan Seminar Nasional Kesehatan Masyarakat UPN “Veteran” Jakarta 2022 ini dipandu oleh Annisa Anindita, mahasiswa aktif Program Studi Kesehatan Masyarakat Program Sarjana UPN Veteran Jakarta angkatan 2020 selaku MC. Rangkaian acara Seminar Nasional Kesehatan Masyarakat UPN “Veteran” Jakarta 2022 diawali dengan pembukaan oleh MC, mendengarkan lagu Indonesia Raya dan Mars Bela Negara, sesi foto bersama, pengisian pre-test, dan dilanjutkan dengan pemberian sambutan dari Ketua Pelaksana, Ketua HMKM periode 2022/2023, dan Kepala Program Studi sekaligus Pembina HMKM UPN Veteran Jakarta, dan Dekan Fakultas Ilmu Kesehatan UPN Veteran Jakarta yang diwakili oleh Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama Fakultas Ilmu Kesehatan UPN Veteran Jakarta. Rangkaian acara selanjutnya adalah Pemutaran video profil Fikes UPN “Veteran” Jakarta. Kemudian, MC membacakan CV dari Keynote Speaker, yaitu Bapak Dr. (H.C) dr. Hasto Wardoyo, Sp. OG(K), selaku Kepala BKKBN Republik Indonesia yang membawakan materi mengenai “Strategi dan Kebijakan Nasional untuk Pencegahan Pernikahan Dini Guna Menurunkan AKI dan AKB dalam Upaya Mewujudkan SDGs 5.3 di Indonesia”. Setelah itu dilanjutkan dengan pembacaan CV dan memperkenalkan Moderator, yakni Chahya Kharin Herbawani S.Keb., Bd, M.K.M, Dosen Program Studi Kesehatan Masyarakat Program Sarjana UPN “Veteran” Jakarta. Selanjutnya, moderator membuka sesi pemaparan dengan membacakan CV dan memperkenalkan pembicara pertama, yaitu Ibu Prof. dr. Meiwita P. Budiharsana, MPA, Ph.D, selaku Guru Besar Fakultas Kesehatan Masyarakat UI dengan materi mengenai “Fenomena Pernikahan Dini serta Tingginya AKI dan AKB di Indonesia”. Setelah sesi pemaparan pembicara pertama, moderator melanjutkan membacakan CV dan memperkenalkan pembicara kedua, yaitu Dr. Laily Hanifah, SKM, M.Kes, selaku Dosen Program Studi Kesehatan Masyarakat Program Sarjana UPN Veteran Jakarta. Setelah pemaparan kedua pembicara dilanjutkan dengan sesi tanya jawab dalam bentuk panel discussion yang dipimpin oleh moderator. Setelah itu, dilakukan sesi pengisian post-test dan evaluasi oleh MC. Selanjutnya, waktu istirahat diisi dengan rangkaian acara Ice Breaking.

WhatsApp_Image_2022-09-28_at_12.26.46.jpeg

Lalu, MC melanjutkan ke rangkaian berikutnya, yaitu rangkaian Call for Paper UPN “Veteran” Jakarta 2022. MC melakukan pembacaan CV Moderator Call for Paper UPN “Veteran” Jakarta 2022, terdapat 3 Moderator dengan topik paper yang berbeda. Moderator pertama, yaitu Nanda Juwita Zendrato dengan topik Kesehatan Mental dan Disabilitas serta Gizi Masyarakat selaku mahasiswa aktif Program Studi Kesehatan Masyarakat Program Sarjana UPN Veteran Jakarta angkatan 2020. Dilanjut dengan moderator kedua, yaitu Fanny Azzahra dengan topik Kesehatan Lingkungan dan K3 serta Kesehatan reproduksi selaku mahasiswa aktif Program Studi Kesehatan Masyarakat Program Sarjana UPN Veteran Jakarta angkatan 2019. Berikutnya, moderator ketiga yaitu, Dinda Andimi dengan topik Komunikasi dan Promosi Kesehatan serta Administrasi Kebijakan Kesehatan selaku mahasiswa aktif Program Studi Kesehatan Masyarakat Program Sarjana UPN Veteran Jakarta angkatan 2019.

WhatsApp_Image_2022-09-28_at_12.27.01.jpeg

Setelah pembacaan CV moderator Call for Paper UPN “Veteran” Jakarta 2022 oleh MC, dilakukan mobilisasi breakout room peserta dan audiens Call for Paper UPN “Veteran” Jakarta 2022. Di dalam breakout room, moderator pada setiap roomnya melakukan pembacaan CV Reviewer pada setiap topik. Reviewer tersebut antara lain Ibu Ulya Qoulan Karima, SKM, M.Epid (Kesehatan Mental dan Disabilitas), Ibu Dr. Apriningsih, SKM. MKM (Gizi Masyarakat), Ibu Nayla Kamilia Fithri, S.KM., M.P.H (Kesehatan Lingkungan dan K3), Ibu Dr. Ns. Dyah Utari, S.Kep. MKKK (Kesehatan Reproduksi), Ibu Yuri Nurdiantami, S.Farm., Apt. MPH dan Ibu Dr. Chandrayani Simanjorang, S.K.M., M.Epid. (Komunikasi dan Promosi Kesehatan), serta Ibu Dr. Novita Dwi Istanti, S.K.M., M.A.R.S., MARS, SKM (Administrasi Kebijakan Kesehatan). Selanjutnya, setelah pembacaan CV moderator Call for Paper UPN “Veteran” Jakarta 2022 pada masing-masing room, dilanjutkan dengan Oral Presentations para peserta Call for Paper UPN “Veteran” Jakarta 2022 sekaligus tanggapan dan tanya jawab baik oleh audiens, peserta, moderator ataupun reviewer. Akhir acara, MC mengimbau peserta untuk mengisi presensi Call for Paper UPN “Veteran” Jakarta 2022 sebagai syarat mendapatkan sertifikat, lalu MC menutup acara.

WhatsApp_Image_2022-09-28_at_12.27.09.jpeg

Informasi