• Pilih Bahasa :
  • indonesian
  • english

Peresmian Posyandu Remaja Gerbang Sehat : Langkah Awal untuk Meningkatkan Kesadaran akan Kesehatan Remaja di RW. 06 Grogol, Limo, Depok

  • Terakhir diperbaharui : Jumat, 29 Juli 2022
  • Penulis : Devi Puspita Sari, S.Komp
  • Hits : 112

FIKES UPNVJ Mahasiswa Program Studi Keperawatan Program Sarjana baru saja mengadakan acara yang bertajuk "Peresmian Posyandu Remaja Gerbang Sehat: Langkah Awal untuk Meningkatkan Kesadaran akan Kesehatan Remaja di RW. 06 Grogol, Limo, Depok." yang dilaksanakan pada tanggal 27 Juli 2022 pukul 14.00 di Markas Karang Taruna RW. 06, Kelurahan Grogol, Kecamatan Limo, Kota Depok. Acara ini merupakan salah satu kepedulian Mahasiswa Program Studi Keperawatan Program Sarjana UPN Veteran Jakarta dalam praktik keperawatan komunitas khususnya kepada kelompok remaja di RW. 06 Kelurahan Grogol, Limo, Depok. Acara kemudian dilanjutkan dengan sambutan oleh Sekretaris Camat Limo, Depok Dra. Yeni Suhartini, M.A, Kepala Lurah Grogol, Limo, Depok Danudi Amin, S.E, Kepala UPTD Puskesmas Grogol dr. Toni Hermawan dan Ketua RW. 06 Grogol, Limo, Depok Amsir, S.Pd.

DOKUMENTASI_1.jpg

"Kami dari kecamatan siap membantu dan mendukung kegiatan posyandu remaja khususnya terkait tempat dan ini kesempatan untuk bisa berkolaborasi dengan GenRe Kota Depok dan pembentukan PIK R di Kelurahan Grogol," sambut Yeni.

Selain itu, kegiatan Posyandu Remaja Gerbang Sehat juga mendapat dukungan dari Lurah Grogol, Limo, Depok. "Posyandu remaja ini menjadi program yang harus diteruskan oleh kader penggerak bukan hanya berhenti sampai di acara pembentukkan saja," kata Danudi dalam sambutannya.

"Saya selaku penanggungjawab UPTD Puskesmas Grogol bersedia memberikan pembinaan dan pendampingan kepada kader penggerak Posyandu Remaja Gerbang Sehat dalam rangka meningkatkan kapasitas akan kesehatan remaja," sahut Toni dalam sambutannya.

DOKUMENTASI_2.jpg

Kegiatan Peresmian Posyandu Remaja Gerbang Sehat juga turut dihadiri oleh Bidan Penanggungjawab Kelurahan Grogol Amna Wahida, AmKeb dan Petugas Lapangan Keluarga Berencana (PLKB) Kecamatan Limo Yaharini dan Duta Genre Kota Depok Meita Choppypah juga ikut hadir dalam acara Peresmian Posyandu Remaja.

Acara dilanjutkan dengan sambutan dari sisi akademisi Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan Fakultas Ilmu Kesehatan UPN Veteran Jakarta Ns. Santi Herlina, S.Kep., M.Kep.,Sp.Kep.MB., Kepala Jurusan Keperawatan Fakultas Ilmu Kesehatan UPN Veteran Jakarta Ns. Wiwin Winarti,S.Kep., M.Epid.,MN, Kepala Program Studi Keperawatan Program Sarjana Ns. Fiora Ladesvita, S.Kep., M.Kep.,Sp.Kep.MB, Sekretaris Program Studi Keperawatan Program Sarjana Ns. Mareta Dea Rosaline, S.Kep., M.Kep. dan Dosen Program Studi Keperawatan Program Sarjana UPN Veteran Jakarta Ns. Chandra Tri Wahyudi, M.Kes.,M.Kep., Ns. Nourmayansa Vidya Anggraini, S.Kep., M.Kep.,Sp.Kep.Kom, Ns. Ritanti, S.Kep., M.Kep.,Sp.Kep.Kom dan Ns. Sang Ayu Made Adyani, S.Kep., M.Kep.,Sp.Kep.Kop juga ikut mendukung kegiatan Peresmian tersebut.

"Posyandu Remaja menjadi gerbang untuk menyiapkan generasi muda sehingga dapat menghasilkan remaja yang sehat yang  nantinya akan mewujudkan Indonesia emas 2045," tutur Santi dalam sambutannya.

Tidak lupa, mahasiswa sebagai fasilitator juga turut memberi dukungan dalam pembentukkan posyandu remaja. "Pesan saya untuk kader Posyandu Remaja, selamat dan semangat melanjutkan kegiatan Posyandu Remaja setiap bulannya. Kami tunggu kabar baiknya dan kami menanti remaja sehat, cerdas, ceria dari RW. 06 Kelurahan Grogol," tutur Bebi dalam sambutannya.

DOKUMENTASI_3.jpg

Acara dilanjutkan dengan pemaparan urgensi dari terbentuknya posyandu remaja oleh Fasilitator Mahasiswa Siti Luthfiana Hasena dan Ketua Posyandu Remaja Wahyudi.

DOKUMENTASI_5.jpg

"Banyaknya remaja di RW. 06 Kelurahan Grogol namun hanya segelintir remaja yang peduli akan kesehatan. Hal inilah yang menjadi tantangan nyata bagi kita semua. " jelas Wahyu sembari menunjukkan materi prevalensi pemuda. Selain itu ditekankan kembali  "Posyandu remaja ini bukan hanya berlangsung sebulan atau dua bulan melainkan dalam jangka panjang akan memandirikan kader penggerak dalam meningkatkan pengetahuan dan keterampilan terkait bahaya merokok, penyalahgunaan NAPZA, seks berisiko dan pencegahan kekerasan. " tutur Siti Luthfiana sembari memaparkan tujuan jangka panjang Posyandu Remaja Gerbang Sehat.

DOKUMENTASI_4.jpg

Acara kemudian dilanjutkan dengan peresmian secara simbolis pemotongan pita dan penandatanganan sertifikat pembentukan Posyandu Remaja Gerbang Sehat oleh Wakil Dekan Fakultas Ilmu Kesehatan UPN Veteran Jakarta, Sekretaris Camat, Lurah Grogol dan Kepala UPTD Puskesmas. Setelah Posyandu Remaja Gerbang Sehat diresmikan dilanjutkan dengan pelaksanaan posyandu dengan konsep lima meja yang dijalankan oleh kader dan didampingi oleh mahasiswa sebagai fasilitator.

Tentang Program Studi Keperawatan Program Sarjana Fakultas Ilmu Kesehatan UPN Veteran Jakarta

Program studi Ilmu Keperawatan didirikan pada tanggal 22 Oktober 2002 yang pada awalnya disatukan dibawah Fakultas Kedokteran UPNVJ sebagai bagian dari Prodi Fakultas Kedokteran. Mengingat akselerasi perkembangan program studi Ilmu Keperawatan begitu pesat terutama pada jumlah mahasiswanya demikian juga dengan Ilmu Kesehatan masyarakat, maka dipandang perlu untuk melepaskan program-program studi tersebut dari Fakultas Kedokteran yang selanjutnya digabung menjadi satu kesatuan prodi kesehatan yaitu Fakultas Ilmu Ilmu Kesehatan pada tanggal 5 Oktober 2007. Selanjutnya Program studi Ilmu Gizi berdiri pada bulan September 2010 sebagai bagian dari program studi Fakultas Ilmu Ilmu Kesehatan.

Untuk informasi lebih lanjut, silahkan hubungi:

Siti Luthfiana Hasena

Fasilitator Mahasiswa

sitiluthfianah@upnvj.ac.id

Informasi