• Pilih Bahasa :
  • indonesian
  • english

Pelatihan Preceptorship Bagi Pembimbing Klinik Jurusan Keperawatan FIKES UPNVJ Tahun 2021

  • Terakhir diperbaharui : Rabu, 15 Desember 2021
  • Penulis : Devi Puspita Sari, S.Komp
  • Hits : 1231

FIKES UPNVJ - Keperawatan merupakan bidang keilmuan yang kompleks merujuk kepada integrasi antara teori dan praktik. Dalam implementasinya, pembelajaran praktik ini akan sangat membutuhkan lahan klinik, yaitu rumah sakit atau fasilitas kesehatan lainnya untuk memberikan gambaran kondisi yang sesungguhnya bagi mahasiswa keperawatan. Pembelajaran klinik keperawatan yang baik akan menjamin terjadinya perubahan sikap dan keterampilan profesional yang baik pada mahasiswa melalui tahapan-tahapan dalam proses pembelajaran klinik yang dapat diukur dan terarah dalam mencapai kompetensinya. Keberadaan instruktur/pembimbing klinik yang baik, rumah sakit pendidikan yang memadai, dan perawat rumah sakit yang mengembangkan budaya komunitas professional keperawatan akan menjadi fasilitas utama dalam penyelenggaraan pembelajaran klinik. Beberapa cara diketahui dapat digunakan oleh pemegang kepentingan terkait dalam mewujudkan pembelajaran klinik yang ideal, seperti mentoring, fasilitasi, preseptorsip, dan teman sebaya.

Preceptor1.jpg

Di antara keempat metode tersebut, preseptorsip dianggap ideal untuk membantu peserta didik di lahan klink. Dalam mewujudkan pembelajaran klinik yang ideal menggunakan metode preseptorsip, diperlukan adanya perawat klinik yang berperan sebagai preseptor. Pelatihan yang dilaksanakan bertujuan untuk menjawab tuntutan terhadap semakin tingginya perawat yang kompeten. Pendidikkan dan pengembangan keperawatan perlu diarahkan untuk dapat menghasilkan generasi perawat Soedirman yang memiliki ilmu pengetahuan dan ilmu keperawatan mendalam disertai dengan penguasaan metode ilmiah. Pelatihan dilaksanakan selama 2 hari yaitu hari Rabu, 15 Desember 2021 dan hari Kamis, 16 Desember 2021 di Auditorium Tanah Airku Lantai 5, Kampus Limo, FIKES, UPN  Veteran Jakarta.

WhatsApp_Image_2021-12-15_at_08.46.07.jpeg

Acara dibuka oleh Ibu Lisye selaku pembawa acara, kemudian dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, Mars Bela Negara, dan Mars PPNI. Selanjutnya sambutan ketua jurusan keperawatan Ns. Wiwin Winarti, M.Epid.,MN dan Dekan Fakultas Ilmu  Kesehatan Dr. drg. Wahyu Sulistiadi, MARS.

Preceptor2.jpg

Kegiatan ini dihadiri oleh 46 peserta yang terdiri dari Rumah Sakit Umum Daerah Depok, Rumah Sakit Budhi Asih, RSJ. Dr. Soeharto Heerdjan, RSPM, Rumah Sakit Umum Daerah Tarakan, RS Dompet Dhuafa, RS dr Suyoto, RSUD Bekasi, RSJMM, RSPAD, RS Polri, PKM Limo, PKM Beji, PSTW Budi Mulia 1

WhatsApp_Image_2021-12-15_at_11.34.21.jpeg

Kemudian acara dilanjutkan dengan pemberian materi disampaikan oleh Bapak Dr. I Made Kariasa, S.Kp., M.M., M.Kep., Sp.KMB. dengan moderator Ns. Cut Sarida Pompey, MNS. Setelah istirahat dilanjutkan dengan sesi diskusi kelompok dan presentasi.

Preceptor.jpg

Informasi