• Pilih Bahasa :
  • indonesian
  • english

Webinar Nasional Keperawatan “Integrasi Peran Perawat dan Masyarakat dalam Menghadapi Tantangan Dunia : Era Adaptasi Kebiasaan Baru Pandemi Covid-19"

  • Terakhir diperbaharui : Senin, 06 September 2021
  • Penulis : Devi Puspita Sari, S.Komp
  • Hits : 329

FIKES UPNVJ - Pada hari Minggu, 05 September 2021 telah berlangsung kegiatan Webinar Nasional Keperawatan dengan tema “Integrasi Peran Perawat dan Masyarakat dalam Menghadapi Tantangan Dunia : Era Adaptasi Kebiasaan Baru Pandemi Covid-19". Acara ini diselenggarakan oleh anggota Himpunan Mahasiswa Program Studi Ilmu Keperawatan (HM-PSIK)  yang merupakan  mahasiswa aktif Program Studi Keperawatan Program Sarjana angkatan 2018, 2019 dan 2020. Kegiatan ini diikuti oleh mahasiswa aktif pre-klinik ilmu kesehatan (D-3/D-4/S-1) Program Studi Ilmu  Keperawatan, Universitas/Politeknik/Sekolah Tinggi Kesehatan se-Indonesia, serta perawat Rumah sakit dan masyarakat umum. Acara ini menghadirkan 4 pembicara yaitu  Ns. Purwadi, M.Kep, Sp.Kom yang merupakan Ketua Umum Ikatan Perawat Kesehatan Komunitas Indonesia (IPKKI), Pembicara kedua yaitu Ns. Iwan, S.Kep yang merupakan Ketua DPD PPNI Jakarta Selatan, Pembicara ketiga yaitu Ns. Gebyar ayu Ratih Kartika, S.Kep yang merupakan praktisi Keperawatan dan Pembicara keempat yaitu Ns. Diah Ratnawati, M.Kep, Sp.Kep. Kom yang merupakan Dosen Keperawatan UPN Veteran Jakarta. Acara Webinar Nasional Keperawatan  dilakukan pada pukul 08.00 – 12.45 WIB melalui Platform Zoom Meeting. Acara ini diselenggarakan dengan tujuan untuk Menjalin dan mempererat rasa persaudaran ditengah pandemi Covid-19 sebagai sesama mahasiswa kesehatan di Indonesia, Menambah pengetahuan dan pemahaman mahasiswa kesehatan serta pengelola institusi kesehatan dan institusi pendidikan kesehatan di wilayah Indonesia, dan Memampukan Mahasiswa/i, Masyarakat dan tenaga kesehatan khususnya keperawatan dalam menerapkan ilmu yang dimiliki untuk menghadapi kasus kasus di Indonesia khususnya Dalam Menghadapi Tantangan Dunia : Era Adaptasi Kebiasaan Baru Pandemi Covid-19, serta Memampukan Mahasiswa/i, tenaga kesehatan khususnya keperawatan menerapkan pola pikir secara universal terhadap kasus-kasus kesehatan di Indonesia dan mampu menyelesaikan kasus-kasus kesehatan tersebut.

Ranal5.jpg

Acara webinar Nasional Keperawatan dimulai dengan penyampaian profil UPN Veteran Jakarta dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, Mars Bela Negara dan Mars PPNI. Selanjutnya acara dilanjutkan dengan Foto Bersama dengan pose Bela Negara. Peserta yang hadir terdiri dari Mahasiswa Fakultas Ilmu Kesehatan, mahasiswa aktif pre-klinik ilmu kesehatan (D-3/D-4/S-1) Program Studi Ilmu  Keperawatan Universitas/Politeknik/Sekolah Tinggi Kesehatan se-Indonesia, Perawat Rumah sakit,  masyarakat umum, Para Dosen Keperawatan Fakultas Ilmu Kesehatan, Dewan Pertimbangan Organisasi (DPO) dan Ikatan Alumni Keperawatan (IKA PSIK).

Acara berikutnya ialah sambutan oleh Dini Sholihatunnisa selaku Ketua Pelaksana kegiatan Webinar Nasional Keperawatan. Dilanjutkan Sambutan oleh Ns. Fiora Ladesvita, M. Kep., Sp. Kep. MB selaku ketua Program Studi Keperawatan Program Sarjana, sambutan yang selanjutnya oleh  Ns. Wiwin Winarti, M.Epid, MN. Selaku Ketua Jurusan Keperawatan dan sambutan diakhiri oleh Ns. Santi Herlina, S.Kep, M.Kep, SP.Kep. MB selaku Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama Fakultas Ilmu Kesehatan UPN Veteran Jakarta. Acara dilanjutkan dengan membacakan CV Moderator, Windu Syawalina Wahyuningsih, S.Kep selaku Mahasiswa aktif Profesi Ners Fakultas Ilmu Kesehatan UPN Veteran Jakarta oleh MC. Acara dilanjutkan dengan membacakan CV Moderator, Windu Syawalina Wahyuningsih, S.Kep selaku Mahasiswa aktif Profesi Ners oleh MC Ailsa Dzakiyah Dzahabiyah H.

Ranal3.jpg

Acara diambil alih oleh Windu Syawalina Wahyuningsih, S.Kep selaku moderator dan masuk keinti acara yakni penyampaian materi narasumber pertama oleh Ns. Purwadi, M.Kep, Sp.Kom yang merupakan Ketua Umum Ikatan Perawat Kesehatan Komunitas Indonesia (IPKKI), dengan materi (Mengoptimalkan Peran Perawat dalam Upaya Meningkatkan Kesadaran dan Mempersiapkan Masyarakat Menghadapi Vaksinasi Covid-19). Acara dilanjutkan narasumber ke-dua oleh Ns. Iwan, S.Kep yang merupakan Ketua DPD PPNI Jakarta Selatan dengan materi (Kebijakan PPNI untuk Meningkatkan Peran serta Masyarakat dalam Upaya Menghentikan Laju Penularan Covid-19 Di Era Adaptasi Kebiasaan Baru), acara dilanjutkan dengan sesi tanya jawab oleh pemateri pertama dan kedua dengan dipandu oleh Moderator dan dilanjutkan dengan sesi ice breaker.

Acara dilanjutkan dengan penyampaian materi oleh narasumber ketiga oleh Ns. Gebyar ayu Ratih Kartika, S.Kep yang merupakan praktisi Keperawatan dengan materi (Peran Perawat dan Manajemen Penatalaksanaan Ditingkat Pelayanan Kesehatan Primer untuk Kesiapan Individu kembali ke Lingkungan Pasca Covid-19) dan penyampaian materi webinar diakhiri oleh narasumber keempat yaitu Ns. Diah Ratnawati, M.Kep, Sp.Kep. Kom yang merupakan Dosen Keperawatan UPN Veteran Jakarta dengan materi (Asuhan Keperawatan Keluarga dalam Meningkatkan Ketahanan Keluarga agar Mampu Beradaptasi dengan Kebiasaan Baru Pandemi Covid-19). acara dilanjutkan dengan sesi tanya jawab oleh pemateri ketiga dan keempat dengan dipandu oleh Moderator.

Dan kegiatan Webinar Nasional Keperawatan dengan tema “Integrasi Peran Perawat dan Masyarakat dalam Menghadapi Tantangan Dunia : Era Adaptasi Kebiasaan Baru Pandemi Covid-19". resmi ditutup Ailsa Dzakiyah Dzahabiyah H selaku MC.

Setelah berlangsungnya kegiatan webinar Nasional Keperawatan, acara dilanjutkan dengan rangkaian penutupan kegiatan RANALHECOM (UPN Veteran Jakarta Health Competition) yaitu dengan dilakukannya Closing Ceremony diikuti Kesan & Pesan Peserta selama berlangsungnya kegiatan RANALHECOM 2021 kemudian dilanjutkan dengan dibacakan pengumuman berbagai cabang Lomba oleh MC Lomba yaitu Bianca Gadis N dan rangkaian kegiatan RANALHECOM 2021  resmi diakhiri dan ditutup dengan ditampilkannya Video persembahan.

Ranal4.jpg

Informasi