• Pilih Bahasa :
  • indonesian
  • english

LDKM 2020 D-III Keperawatan Membangun Jiwa Kepemimpinan & Semangat Berorganisasi dengan Implementasi Bela Negara

  • Terakhir diperbaharui : Jumat, 04 Desember 2020
  • Penulis : Devi Puspita Sari, S.Komp
  • Hits : 170

FIKES UPNVJ - Pada hari Sabtu, 28 November 2020 telah berlangsung kegiatan Latihan Dasar Kepemimpinan (LDKM) 2020 dengan tema “Membangun Jiwa Kepemimpinan & Semangat Berorganisasi dengan Implementasi Bela Negara” Prodi D-III Keperawatan UPN Veteran Jakarta. Kegiatan ini dilakukan via online melalui Zoom Meeting. Jumlah peserta yang hadir dalam via zoom meeting yaitu 105 peserta. Kegiatan yang dihadiri oleh Kaprodi D-III Keperawatan yaitu Ns. Rokhaidah, M.Kep.,Sp.Kep.An, serta Kepala Jurusan Keperawatan Ns. Wiwin Winarti, S.Kep, M.Epid, M.N.

LDKM3.jpg

Acara ini bertujuan untuk membantu mahasiswa baru mendapatkan pengetahuan tentang kepemimpinan dan organisasi yang ada di Program Studi D3 Keperawatan serta mempunyai motivasi untuk mengikuti organisasi baik internal maupun eksternal. Selain itu, tujuan acara ini untuk memperkenalkan Organisasi Himpunan Mahasiswa D3 Keperawatan (HIMADIKA), mempererat tali persaudaraan mahasiswa D3 Keperawatan serta melatih kekompakkan dan kerja sama mahasiswa baru.

Latihan Dasar Kepemimpinan (LDKM) 2020 Program Studi D-III Keperawatan UPN Veteran Jakarta 2020 ini dibawakan oleh, Ronny Basirun Simatupang, S.Kep. Ns, M.Si (Han) sebagai pembicara pertama dengan judul “Kepemimpinan dalam Berorganisasi dengan Semangat Bela Negara”.

LDKM2.jpg

Dalam materi yang disampaikan oleh Ronny Basirun Simatupang, S.Kep. Ns, M.Si (Han), menjelaskan mengenai organisasi yang berisikan wewenang, tanggung  jawab dan pembagian kerja untuk menjalankan masing-masing fungsi tertentu. Kemimpinan memiliki  fungsi dalam pencapaian tujuan, kepemimpinan dalam organisasi terdapat dua kepentingan yang orientasinya sama secara mendasar seperti, kepentingan tujuan organisasi dan kepentingan tujuan orang dalam organisasi. Kemudian disamapaikan juga hal-hal yang harus dimiliki seorang pemimpin diantaranya, mampu memutuskan/memecahkan masalah, mampu merencanakan/menetapkan prioritas, mampu memotivasi, berkomunikasi, melakukan presentasi/pidato, mengajar/mentransfer pengetahuan, menangani konflik serta membimbing.

LDKM1.jpg

Untuk pembicara kedua adalah Rika Risalam Mahdur, Amd.Kep, sebagai pembicara kedua dengan judul “Organisasi & Keorganisasian”. Dalam materi yang disampaikan oleh Rika Risalam Mahdur, Amd.Kep, menjelaskan bahwa organisasi adalah suatu kesatuan sosial yang dikoordinasikan secara sadar, yang terdiri dari dua atau lebih orang yang bekerja atau dasar hubungan yang terus menerus untuk mencapai tujuan bersama. Beliau menyebutkan jenis jenis organisasi yang berada di kampus, yang terbagi atas universitas dan fakultas. Universitas terdiri atas MPM, BEM, serta UKM sedangkan di fakultas terdiri atas SEMA, BEM Fakultas, HMJ/Prodi, serta KSM. Organisasi memiliki tujuan yang begitu baik, yaitu menjadi wadah aktualisasi dan pengembangan diri, mengembangkan sofskill dan kepemimpinan beridentitas bela negara serta implementasi dari Tri Dharma Perguruan Tinggi.

LDKM4.jpg

Untuk Sharing Session dibawakan oleh Muhammad Rezky Deanto, S.Pd,. M.Pd. Dalam Sharing Session yang disampaikan oleh Muhammad Rezky Deanto, S.Pd,. M.Pd, Beliau berbagi cerita mengenai perjalanan Himpunan Mahasiswa D3 Keperawatan dari awal terbentuk hingga sekarang. Beliau juga menjelaskan bagaimana menciptakan kerukunan, kekeluargaan, serta solidaritas sesama mahasiswa D3 Keperawatan.

LDKM.jpg

Informasi