• Pilih Bahasa :
  • indonesian
  • english

Seminar Nasional Series 1 HMKM 2020 Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta

  • Terakhir diperbaharui : Senin, 21 September 2020
  • Penulis : Devi Puspita Sari, S.Komp
  • Hits : 124

FIKES UPNVJ - Pada hari Minggu, 20 September 2020 telah berlangsung  kegiatan Seminar Nasional Himpunan Mahasiswa Kesehatan Masyarakat UPN Veteran Jakarta dengan mengungsung tema “Starategi dalam Menghadapi Tantangan Sistem Kesehatan Pascapandemi COVID-19 demi Meningkatkan Ketahanan Nasional” yang diadakan oleh Himpunan Mahasiswa Kesehatan Masyarakat (HMKM)  UPN Veteran Jakarta. Adapun rangkaian acara seminar nasional HMKM 2020 diselenggarakan acara Call for Paper pada 19 September 2020 yang bertujuan untuk mengembangkan pemahaman melalui tulisan dengan output sebuah prosiding yang berindeks google scholar. Acara seminar nasional ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan memberikan sebuah rekomendasi kepada Pemerintah.

HMKM.jpg  

Kegiatan Seminar Nasional HMKM ini dilakukan via zoom meeting. Peserta yang hadir dari berbagai provinsi di Indonesia yang terdiri dari praktisi kesehatan, akademisi, dan mahasiswa. Jumlah peserta yang hadir berjumlah 698. Adapun kegiatan Call for Paper ada 28 abstrak dan 26 full paper yang diterima. Materi yang diberikan oleh pembicara dalam acara Seminar Nasional HMKM 2020 ini menjadi titik tombak awal bagaimana tenaga kesehatan masyarakat harus mampu mempromosikan aspek kesehatan dalam masa pandemi ini. Kita sebagai mahasiswa bisa menjadi agent of change dengan bukti konkretnya adalah selalu mengaplikasikan 3M (menjaga jarak, memakai masker, dan mencuci tangan). Diharapkan masyarakat mampu menerapkan 3M tersebut sehingga bisa memutus mata rantai penularan COVID-19 dan menurunkan angka terkonfirmasi kasus positif di Indonesia. Selain itu, pembelajaran yang bisa didapatkan adalah bahwa pandemi COVID-19 berdampak pada segala sektor, khsusnya ketahanan. Maka upaya pertahanan dan keamanan harus segera diatasi dengan meningkatkan hubungan antara sipil dan militer.

HMKM1.jpg

Call for Paper Seminar Nasional HMKM 2020 dinilai oleh Dewan Juri yang berasal dari Dosen Program Studi Kesehatan Masyarakat Program Sarjana sebanyak 8 reviewer. Acara Seminar Nasional ini menghadirkan keynote speaker, narasumber, dan moderator yang tak kalah hebat dan terkenal. Untuk keynote speaker dibawakan oleh Bapak Laksamana Pertama dr. Arie Zakaria, Sp. OT., Sp. KL., FICS dari Direktur Kesehatan Direktorat Jenderal Kekuatan Pertahanan Kementerian Pertahanan Republik Indonesia.

HMKM2.jpg

Pembicara pertama dibawakan oleh Bapak dr. Achmad Yurianto dari Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Republik Indonesia,

HMKM3.jpg

serta pembicara kedua berasal dari Dosen Program Studi Kesehatan Masyarakat Program Sarjana UPN Vetaran Jakarta yaitu Ibu Putri Permatasari, SKM., MKM. Selain itu dipandu oleh moderator hebat yaitu Ibu Rizki Amalia, SKM., M.H.Sc dari Dosen Program Studi Kesehatan Masyarakat Program Sarjana UPN Vetaran Jakarta. Acara ini mendapat tanggapan, respon, dan antusias yang besar dari para peserta serta menjadi bahan evaluasi mengenai strategi dalam penanggulangan COVID-19.

HMKM4.jpg

Informasi