• Pilih Bahasa :
  • indonesian
  • english

Webinar Education And Soft Skill #2 Critical Thinking: be Smart, be Comprehensive, and Reach Your Own Decisions

  • Terakhir diperbaharui : Kamis, 30 Juli 2020
  • Penulis : Devi Puspita Sari, S.Komp
  • Hits : 427

FIKES UPNVJ – Pada hari Kamis, 30 Juli 2020 telah dilaksanakan rangkaian acara Education and Soft Skill berjudul “Be Brave, Be Confident and Speak Your Mind” dengan tema Public Speaking yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa UPN Veteran Jakarta. Kegiatan Education and Soft Skill merupakan salah satu program kerja yang diadakan oleh Departemen Akademik yang bertujuan untuk mendukung peningkatan akreditasi Program Studi Fisioterapi Diploma Tiga, Memberikan wadah dalam bentuk kelas khusus mengenai minat dan bakat dengan menghadirkan narasumber, mengasah kemampuan public speaking mahasiswa, mahasiswa sehingga diharapkan peningkatan prestasi di mahasiswa Program Studi D3 Fisioterapi upn Veteran Jakarta.

Fisio.jpg

Kegiatan berlangsung pada pukul 09.00 hingga 12.00 WIB melalui Google Meet Conference. Dalam pelaksanaan kegiatan ini, terdapat 2 narasumber yang dihadirkan sebagai pembicara yang luar biasa dan menarik yaitu Rut Rismanta S., M.Si  selaku dosen Ilmu Komunikasi UPN Veteran Jakarta, lalu Purnamadyawati S.Fis, SKM, M.Fis selaku dosen program studi D3 fisioterapi UPN Veteran Jakarta.

Fisio1.jpg

Education and Soft Skill Be Brave, Be Confident and Speak Your Mind” Fisioterapi ini dihadiri oleh mahasiswa/i dari Fakultas Ilmu Kesehatan UPN Veteran Jakarta dan juga dari luar FIKES. Kegiatan ini diawali dengan pembukaan dan pembacaan tata tertib oleh MC, sambutan Ketua Pelaksana Education and Soft Skill, sambutan Ketua Himpunan Mahasiswa Fisioterapi (HIMFIS), sambutan Kepala Program Studi Diploma Tiga, sambutan Dekan Fakultas Ilmu Kesehatan UPN Veteran Jakarta dilanjutkan dengan foto bersama oleh seluruh panitia dan peserta, pemaparan materi oleh narasumber beserta sesi tanya jawan dan diakhiri dengan penutupan oleh MC.

Pada pemaparan sesi I, dimoderatori oleh Farahdina Bachtiar, S.Ft, Physio, M.Sc. Pemaparan materi disampaikan oleh Rut Rismanta S., M.Si  Public Speaking secara umum. Beliau menyatakan Definisi public speaking adalah cara untuk menyampaikan ide ke khalayak umum. Public speaking ini adalah hal yang perlu dimiliki semua orang untuk mencapai kesuksesan. Public speaking ini akan sangat dibutuhkan kedepannya apalagi saat di dunia kerja. Mengimprovisasi diri seperti sambutan, persentasi dan lain sebagainya agar mempunyai experience (pengalaman) atau dapat dikatakan memiliki jam terbang.  Didalam public speaking memiliki 3 jenis penyampaianya yakni, words (kata), your tone of voice (intonasi) dan body language (bahasa tubuh).

Dalam bagian content (konten) memiliki 3 pembahasan yakni What, So , Now. Bagian what membahas tentang topic yang ingin dibahas, So merupakan alasan yang melatarbelakangi topic yang ingin dibahas now memberikan tentang motivasi. Dan pada bagian terakhir yakni bagian closing (penutup) ada summary merupakan ringkasan dan dapat diambil dibagian so dan now. Recap dan punchline. Pastikan informasi dapat diterima oleh audience. Sebagai contoh yang buruk ada yang dinamakan egocentrism. Egocentrism merupakan orang yng biasanya ingin mendengarkan hal – hal yang bermakna bagi mereka sebagai contoh kalimat “ saya tidak peduli apa yang anda sampaikan”

Pada pemaparan sesi II, dimoderatori kembali oleh Farahdina Bachtiar, S.Ft, Physio, M.Sc. Pemaparan materi disampaikan oleh Purnamadyawati S.Fis, SKM, M.Fis.  yang membahas mengenai Public Speaking dalam kacamata Kesehatan. Beliau mengatakan bahwa 7 karakter pemenang, ialah komunikasi skill, organization skill, leadership logic, effort, group skill and ethics. Kesuksesan dalam hidup berkaitan langsung dengan kemampuan komunikasi. Softskill itu penting untuk dikuasai lulusan perguruan tinggi saat ini yang tidak bisa digantikan. Softskill juga dibutuhkan untuk dapat mengaplikasikan kemampuan akademik di dunia kerja, perlu di persiapkan, dilatih dan sering mengasah softskill. Ketika dalam melakukan pelayanan prima, ekpresi wajah sangat dibutuhknan saat dunia kesehatan ketika pasien tidak dapat menginteprestasikan rasa sakitnya.

Fisio2.jpg

Beliau juga menyampaikan Komunikasi yang baik terdiri dari beberapa hal yakni beri salam pembuka, perkenalan diri, beri basa basi, jelaskan maksud dan tujuan, meminta persetujuan, jelaskan tindakan medis yangb akan dilakukan dan jangan lupa terima kasih. Jangan pernah lupa berkata maaf, terimakasih dan berkata tolong. Hal – hal tersebut merupakan cara untuk melayani pasien dengan prima. Dan tidak luput arti kata – kata yang  akan menyinggung hati orang, maka berhati – hatilah saat berbicara. Manfaat dari Education and Soft Skill adalah untuk mendapatkan pembekalan materi mengenai Public Speaking agar peserta webinar dapat mengambil skill, keberanian, rasa percaya diri, dalam bidang public speaking. Selain itu peserta webinar juga mendapatkan pengalaman dan relasi. Dan hasil kegiatan Education and Soft Skill akan dipublikasikan di sosial media Himpunan Mahasiswa Fisioterapi.

Informasi