• Pilih Bahasa :
  • indonesian
  • english

SEMINAR NASIONAL EPIDEMIOLOGI/BIOSTATISTIK 2019 UPN “VETERAN” JAKARTA

  • Terakhir diperbaharui : Senin, 25 November 2019
  • Penulis : Devi Puspita Sari, S.Komp
  • Hits : 368

FIKES UPNVJ - Mahasiswa Program Studi S1 Kesehatan Masyarakat telah melaksanakan Seminar Nasional Epidemiologi / Biostatistik Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jakarta tahun 2019 yang mengangkat tema “The Importance of Raising Mental Health Awareness: A Public Health Approach to Prevent Depression in Z Generation” merupakan salah satu output dari mata kuliah Seminar Profesi S1 Kesehatan Masyarakat Peminatan Epidemiologi/Biostatistik Mahasiswa semester 7. Kegiatan Tanggal 24 November 2019 dilaksanakan di Auditorium Tanah Airku UPNVJ Limo Depok kegiatan ini merupakan puncak seminar profesi yang dimulai dengan perlombaan poster dan video.

Acara ini dimulai dengan sambutan perwakilan Kepala Program Studi S1 Kesehatan Masyarakat, dan acara dibuka oleh Wakil Dekan Bidang Akademik ( Ibu Sri Yani, S.ST, FT, MSi).

epid.jpg

Sambutan Wakil Dekan Bidang Akademik Ibu Sri Yani, S.ST, FT, MSi

Latar belakang mengangkat tema Mentah Health Awareness adalah masalah kejiwaan khususnya depresi merupakan penyebab nomor 1 (satu) kesakitan dan kecacatan pada remaja usia 10-19 tahun atau biasa disebut generasi Z yaitu seseorang yang lahir tahun 1995-2010. Depresi adalah sebuah keadaan yang memiliki gejala berupa rasa sedih yang berkepanjangan dan hilangnya minat untuk melakukan kegiatan yang biasa disukai, diikuti penurunan kemampuan menjalankan kegiatan yang biasa dilakukan (Kemenkes RI, 2017).

epid1.jpg

Keynote Speaker Direktorat Pencegahan dan Pengendalian Masalah Kesehatan Jiwa dan NAPZA Kementerian Kesehatan RI

Setelah Sambutan dilanjutkan dengan pemaparan hasil Rapid Personality Survei Oleh Mahasiswi Epidemiologi 2016. Keynote Speaker dalam seminar ini yaitu Dr. dr. Fidiansjah, Sp. Kj, MPH Direktur Pencegahan dan Pengendalian Masalah Kesehatan Jiwa dan NAPZA Kementerian Kesehatan RI yang diwakili oleh dr. Karnely Herlena, M. Epid.

epid2.jpg

Seminar session diisi oleh pembicara yaitu Dr. dr. Ria Maria Theresa Sp. KJ, MH (Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jakarta), Lalu dilanjutkan dengan materi Materi “Kerentanan Kejadian Depresi pada Problematika Remaja” pembicara kedua yaitu Dra. Rosnalisa S.Psi Cht. Ed co, M. Psi dengan materi “Membentuk Pribadi yang sehat pada generasi Z”.

epid3.jpg

Acara dilanjutkan degan Talk Show Sesion dengan Osse Kiki (Penyintas dan aktivis kesehatan jiwa) berbagi pengalaman depresi dan cara menanggulanginya.

epid5.jpg

Selain seminar dan talkshow acara ada juga special session “Art Therapy” oleh Yayasan Jiwa Layang, hiburan dan bazar. Acara ini mendapat apresiasi yang baik terlihat antusias peserta dalam seminar ini. Diharapkan acara ini dapat memberikan dampak positif bagi kesehatan jiwa remaja khususnya “generasi Z” dan kedepan seminar nasional dari peminatan epidmiologi-biostatistik dapat kembali terlaksana dengan mengangkat isu-isu terkini

epid4.jpg

Informasi