• Pilih Bahasa :
  • indonesian
  • english

Seminar Nasional Keperawatan Nasional, Workshop, dan Call For Paper tentang “ Keperawatan Holistik dalam Penanganan TB dengan Pendekatan PIS/ PK pada Era 4.0

  • Terakhir diperbaharui : Selasa, 27 Agustus 2019
  • Penulis : Devi Puspita Sari, S.Komp
  • Hits : 455

Fakultas ilmu kesehatan - Pada hari Sabtu, tanggal 24 Agustus 2019 telah melaksanakan kegiatan Seminar Nasional Keperawatan Nasional, Workshop, dan Call For Paper tentang “ Keperawatan Holistik dalam Penanganan TB dengan Pendekatan PIS/ PK pada Era 4.0” yang diadakan oleh mahasiswa Program Profesi ners angkatan 2018 dan bekerja sama dengan Komisariat PPNI Fikes UPNVJ. Acara tersebut dilaksanakan di Gedung B Tanah Airku Fakultas Ilmu Kesehatan, Limo, Kota Depok. Acara dimulai pada pukul 08.00 WIB yang diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, Mars Bela Negara, dan Mars PPNI. Setelah itu dibuka oleh Tari piring yang dibawakan oleh UKM STVJ.

WhatsApp_Image_2019-08-24_at_18.35.19.jpeg

Kemudian dilanjutkan dengan sambutan-sambutan. Sambutan yang pertama yaitu dari Ketua Pelaksana Seminar Nasional Dewa Ayu Diah Sasmita, dilanjutkan dengan sambutan kedua oleh ketua Komisariat PPNI FIKES UPNVJ yang diwakilkan oleh Ns. Chandra Tri Wahyudi, S.Kep., M.Kes., selaku perwakilan komisariat PPNI FIKES UPNVJ dan Kaprogdi Ners dan selanjutnya sambutan ketiga oleh Dekan Fakultas Ilmu Kesehatan sekaligus membuka acara Seminar Nasional oleh Dr.drg. Wahyu Sulitiadi, MARS.

WhatsApp_Image_2019-08-24_at_13.38.00(2).jpeg

Acara ini dihadiri peserta dari mahasiswa UPN, mahasiswa luar kampus UPN, dan Tenaga kesehatan yang bekerja di rumah sakit.

WhatsApp_Image_2019-08-24_at_18.35.20.jpeg

Seminar ini diisi oleh 3 pembicara yang hebat dan ahli dibidangnya, Materi pertama yaitu “Pelayanan kesehatan dalam penanganan TBC” yang disampaikan oleh Ns. Jajang Rahmat, M.Kep., Sp.Kep.Kom selaku ketua DPW PPNI DKI Jakarta, selanjutnya yaitu materi tentang “Peran Puskesmas dalam Aplikasi PIS PK untuk upaya Preventif TBC”disampaikan oleh Ns. Riyanto, M.Kep., Sp.Kep.Kom selaku Ketua Umum IPKKI , dan materi ketiga tentang “Aplikasi Perawatan Pasien TB di Era 4.0” yang disampaikan oleh Ns. Diah Rahmawati. M.Kep., Sp.Kep.Kom. salah satu dosen keperawatan komunitas UPN “Veteran” Jakarta. Adapun moderator pada Seminar Nasional yaitu Ns. Lina Ayu Marcelina, M.Kep., Sp.Kep.Mat selaku dosen di UPN “Veteran”Jakarta.

jajangppni.jpg

Setelah seminar dilaksanakan oral presentasion yang diikuti oleh 10 peserta dengan berbagai jurnal yang menarik yang akan di review oleh dosen-dosen yang hebat keperawatan UPN “Veteran” jakarta yaitu Ns. Chandra Tri Wahyudi, S.Kep., M.Kes., Ns. Santi Herlina, M.Kep., Sp.Kep.MB., Ns. Evin Novianti, M.Kep., Sp.Kep.J., Ns. Laksita Barbara, S.Kep., MN.,Ns.Ritanti,M.Kep., Sp.Kep.Kom., Ns. Nourinayansa Vidya, M.Kep., Sp.Kep.Kom.,

WhatsApp_Image_2019-08-24_at_18.35.31.jpeg

dan acara selanjutnya yaitu workshop yang diberikan oleh Ns.Ritanti,M.Kep., Sp.Kep.Kom dengan judul “Asuhan Keperawatan Komunitas dengan Masalah TBC”, dalam kegiatan Workshop tersebut peserta dibagi menjadi tiga tim yang masing-masing berdiskusi di fasilitatori oleh dosen keperawatan komunitas dan fasilitator mahasiswa dalam pembuatan modul pedoman penanganan TBC  yang akan dijadikan pedoman untuk kader dan tenaga kesehatan dalam memberikan asuhan keperawatan serta sistem.

fotobersama.jpg

WhatsApp_Image_2019-08-24_at_18.35.38.jpeg

rujukan dan pencatatan pelaporan pada pasien TB.

Informasi