• Pilih Bahasa :
  • indonesian
  • english

Pengalaman Belajar Lapangan 2 Program Studi Kesehatan Masyarakat : “Bersama Cegah Kanker Serviks Sejak Dini untuk Indonesia yang Lebih Sehat”

  • Terakhir diperbaharui : Senin, 26 April 2021
  • Penulis : Devi Puspita Sari, S.Komp
  • Hits : 301

FIKES UPNVJ - Pada hari Minggu, 25 April 2021 pukul 10.00 WIB, Dea Yolanda Mawaddah, salah satu mahasiswa Semester 6, kelompok 13 Praktik Belajar Lapangan (PBL) Program Studi Kesehatan Masyarakat Program Sarjana telah melaksanakan kegiatan intervensi kesehatan. Kegiatan intervensi kesehatan yang dilakukan dibawah bimbingan  Azizah Musliha Fitri, SKM, MPH dan Chahya Kharin Herbawani, S.Keb.,Bd, MKM berupa Penyuluhan Kesehatan dengan tema “Bersama Cegah Kanker Serviks Sejak Dini untuk Indonesia yang Lebih Sehat”.

PBL.jpg

Kegiatan intervensi dilaksanakan di kediaman Dea Yolanda Mawaddah yang berlokasi di Jalan Darussalam Utara I RT 02/RW 05, Kelurahan Batusari, Kecamatan Batuceper, Kota Tangerang. Kegiatan intervensi yang meruapakan bagian dari perkuliahan PBL 2 ini dihadiri oleh 10 peserta yang terdiri dari Ketua RT 02/RW 05, 1 orang perwakilan Kader Kesehatan RT 02/RW 05, dan 8 orang warga RT 02/RW 05.

PBL1.jpg

Kegiatan dimulai dengan sambutan dari penyelenggara acara, yaitu Dea Yolanda Mawaddah dan dilanjutkan sambutan oleh Ketua RT 02/RW 05, yaitu Bapak Ikbaludin.

Setelah sambutan, peserta diminta untuk mengisi lembar Pre-test yang sudah disiapkan selama 5 menit, kemudian kegiatan dilanjutkan dengan acara inti, yaitu pemberian materi Penyuluhan Kesehatan oleh Dea Yolanda Mawaddah. Materi yang diberikan terdiri dari pendahuluan, anatomi serviks, pengertian kanker serviks, faktor risiko kanker serviks, gejala kanker serviks, dan upaya pencegahan kanker serviks. Pemberian materi diberikan dengan metode ceramah menggunakan proyektor dan laptop. Selain itu, para peserta juga diberikan leaflet agar lebih mudah memahami materi yang diberikan oleh pemateri.

PBL21.jpg

Setelah materi selesai, acara dilanjutkan dengan sesi tanya jawab. Sebanyak tiga peserta memberikan pertanyaan kepada pemateri terkait materi penyuluhan yang telah dijelaskan. Selanjutnya, agar acara lebih menarik pemateri memberikan pertanyaan kepada para peserta dan memberikan mereka hadiah apabila berhasil menjawab.

Setelah sesi tanya jawab selesai, acara dilanjutkan dengan pengisian lembar Post-test dan Kuesioner Skrining Kanker Serviks. Sebelum acara ditutup, perwakilan Kader Kesehatan RT 02/RW 05 menggantikan Ketua RT 02/RW 05 yang sedang memiliki agenda lain, memberikan feedback terhadap acara Penyuluhan Kesehatan yang sudah diselenggarakan dan dilanjutkan dengan sesi dokumentasi. Setelah itu, penyelenggara acara, yaitu Dea Yolanda Mawaddah, menutup acara dan mengucapkan terimakasih kepada para peserta yang telah hadir.

PBL2.jpg

Informasi