• Pilih Bahasa :
  • indonesian
  • english

Motivasi Mendapatkan Juara 2 Lomba Podcast Content Creator Competition Gen BI 2020

  • Terakhir diperbaharui : Rabu, 30 Desember 2020
  • Penulis : Devi Puspita Sari, S.Komp
  • Hits : 467

FIKES UPNVJ - Mahasiswa Program Studi Kesehatan Masyarakat Program Sarjana  Amanda Puspitawati Angkatan 2019. Saya merupakan juara 2 Lomba Podcast Content Creator Competition Gen BI 2020. Pada awalnya saya melihat di Instagram BEM UPNVJ tentang Content Creator Competition dan sebenarnya tidak ada motivasi khusus untuk mengikuti lomba ini. Saya mulai tertarik ketika melihat poster lomba CCC ini karena untuk mengikuti lomba ini tidak diperlukan biaya apapun, justru jika saya menang saya akan mendapatkan hadiah berupa uang tunai. Sebagai mahasiswa yang hanya di rumah saja dan tidak mendapatkan uang jajan, saya menjadi tertarik untuk mengikuti lomba ini. Awalnya memang saya tidak begitu berharap untuk menang dan yang terbesit di benak saya waktu itu ialah yang penting saya mencoba terlebih dahulu. Lalu karena lomba ini bisa berbentuk tim maka saya mengajak teman saya yang bernama Sartika Aliffia. Saya hanya mencoba untuk mengirim ke Sartika screenshoot dari poster yang di share oleh Instagram BEM UPNVJ saat itu, dan bertanya apakah dia mau untuk mengikuti lomba bersama saya atau tidak. Sebenarnya saat saya meminta hal tersebut saya sangat tidak enak dengan dia, karena pada saat itu ia sedang sangat sibuk dengan pekerjaannya. Tetapi ternyata ia mau ikut dengan saya menjadi peserta Lomba Podcast Gen BI 2020 dan akhirnya kami mendaftar menjadi peserta Lomba Podcast Gen BI 2020.

Amanda.jpg

Pada awalnya saya sempat pesimis dengan hal ini karena selain takut membebani Sartika saya juga merasa tidak terlalu pintar dalam berbicara. Namun ia mendorong saya bahwa tidak apa-apa dicoba dulu saja, hitung-hitung pengalaman dalam membuat podcast. Pada saat mengikuti lomba ini pun orang tua dan teman-teman saya tidak ada yang mengetahui, jadi yang sangat mendorong saya untuk mengikuti lomba ini selain diri sendiri adalah teman saya yaitu Sartika. Menurut saya kiat-kiat untuk dapat meraih prestasi adalah dengan mencoba terlebih dahulu, walaupun pada saat itu tidak memiliki pengalaman apapun, dan tidak merasa bahwa memiliki kemampuan dalam hal tersebut. Karena dengan mencoba kita bisa memiliki pengalaman baru, yang dalam konteks lomba saya adalah saya mendapatkan suatu kiat-kiat yang dapat dilakukan untuk membuat podcast kedepannya. Selain itu terdapat banyak kegunaan dari kita mengikuti lomba yaitu diantaranya adalah mendapatkan kepercayaan diri mengenai bidang tersebut, memiliki pengalaman dari juri yang tentunya sudah memiliki banyak pengalaman, dan mengetahui kekurangan dan kelebihan dari dalam diri kita sehingga dapat diperbaiki dikemudian hari. Menurut saya juga menang ataupun kalah jangan dijadikan tujuan utama, melainkan bonus yang akan di dapat. Yang harus dijadikan tujuan utama adalah pengalaman yang kita dapat dan hal tersebut dapat meningkatkan skill kita dibidang tersebut.

tika.jpg

Nama saya Sartika Aliffia atau akrab dipanggil Tika, mahasiswi jurusan kesehatan masyarakat yang tertarik dengan dunia ilmu komunikasi. Saya suka berbicara dan bercerita, menyampaikan suara dari hati ke hati. Awalnya saya tidak menyangka bahwa saya akan mendapatkan kejutan dari Tuhan berupa takdir yang menyatakan bahwa saya memenangkan lomba PODCAST pada Content Creator Competition yang diselenggarakan oleh GenBi Jakarta. Motivasi saya mengikuti lomba tersebut karena saya merasa memiliki kemampuan dalam berbicara dan saya ingin mencari pengalaman serta menggali ilmu.

Sejak kecil saya memang sudah mendorong diri saya untuk berprestasi di bidang apapun, saya sudah senang mengikuti lomba dan mendapatkan juara sejak saya duduk di bangku Sekolah Dasar. Untuk mengikuti lomba PODCAST ini saya diajak oleh teman saya yang bernama Amanda Puspitawati atau sering saya panggil Manda. Informasi tentang lomba ini ditemukan melalui postingan BEM UPNVJ dan Manda mengajak saya untuk menjadi tim dalam lomba tersebut. Karena saya juga sebelumnya sudah pernah membuat video bersama Manda di dalam konten instagram saya, maka saya menerima tawaran Manda untuk mengikuti lomba PODCAST bersama dia meskipun saat itu saya sedang diburui oleh kesibukan saya.

Saya mengikuti lomba ini di tengah kesibukan saya karena saya merasa ini sebuah peluang untuk saya mengasah diri. Saya berharap ketika mengikuti lomba ini, saya akan mendapatkan ilmu dari juri yang menilai karya saya. Selain itu, yang membuat saya tertarik untuk mengikuti lomba ini juga karena uang hadiah yang terbilang banyak dan lomba ini diadakan gratis. Menurut saya, untuk dapat meraih prestasi, kita harus berani mencoba terlebih dahulu. Dahulukan kemauan dari pada rasa malu. Ketika kita tidak mencoba, kita tidak akan tahu hasil apa yang akan kita dapat. Berprestasilah selagi kita mampu.

Informasi