• Pilih Bahasa :
  • indonesian
  • english

Workshop Nasional Fisioterapi “Physiotherapy Compherensive Approach In Children With Special Needs”

  • Terakhir diperbaharui : Selasa, 26 Oktober 2021
  • Penulis : Devi Puspita Sari, S.Komp
  • Hits : 199

FIKES UPNVJ - Pada hari Minggu, 24 Oktober 2021 Himpunan Mahasiswa Fisioterapi Program Diploma Tiga UPN Veteran Jakarta telah menyelenggarakan Workshop Nasional Fisioterapi dengan tema “Physiotherapy Compherensive Approach In Children With Special Needs”. Acara di mulai dengan pembukaan oleh Ailsa Nahda selaku mc, dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia raya dan mars bela Negara.

WOPHYStric.jpg

Pada pemaparan pertama yang disampaikan oleh Bapak Jeri Novaro samual SST.Ft, SKM. M.Fis selaku praktisi Fisioterapi YPAC Jakarta - Jakarta CP Center yang membahas mengenai deteksi dini dan pemeriksaan pada anak berkebutuhan khusus. Dalam pemaparan nya beliau menjelaskan Deteksi dini dan pemeriksaan pada anak berkebutuhan khusus dana apa saja problem analisis fisioterapi pada gangguan tumbuh kembang pada anak. Bagaimana konsep pemecahan masalah dan pengambilan keputusan melalui cara berfikir secara logis, sistematis, dapat menganalisis masalah situasi dan persoalan serta mampu mengidentifikasi masalah melalui observasi lapangan, menganalisis dokumen atau medical record pasien, mencai informasi melalui orang lain dan melakukan wawancara dengan pihak terkait. Dalam pemaparan materi yang disampaikan juga sebagai fisioterapis anak, harus bias memilah dan memilih masalah apa yang akan terjadi dengan memprioritaskan permasalah, dapat juga dilihat dengan ruang lingkup tumbuh kembang.

Pada materi yang disampaikan oleh pembicara 1, selanjutnya dilakukan praktik langsung dengan pasien anak. Para peserta diberikan selembar kertas yang sudah tersedia dengan berbagai macam penilaian yang nantinya akan dilakukan oleh peserta. Diberikan waktu 20 menit untuk bias berinteraksi langsung dengan pasien yang merupakan pasien anak berkebutuhan khusus. Para peserta diberi instruksi untuk bisa berinteraksi juga dengan orang tua pasien yang nantinya dijadikan isi dari lembaran kertas kerja yang telah diberikan, berisikan anamnesis, sampai ke intervensi.

WOPHYStric2.jpg

Peserta dapat berinteraksi dengan mewawancarai langsung orang tua dari pasien. Setelah itu para peserta memaparkan hasil observasi nya,Setelah pemaparan materi, di lakukan penyerahan plakat oleh Ibu Farahdina Bachtiar. S.Ft.Physio. M.Sc  kepada Bapak Jeri Novaro Sumual SST.Ft, SKM. M.Fis. Acara selanjutnya yaitu istirahat selama 10 menit. Pada pemaparan materi kedua di sampaiakan oleh bapak Ahmad Syakieb, SKM., S.Ft.,MKM selaku praktisi fisioterapi sekaligus sebagai wakil ketua umum PERFI. Beliau menjelaskan tentang pengaplikasian konsep bobath pada anak berkebutuhan khusus untuk mengatasi postural control dan gangguan sensorik motoric reflex. Dalam pemaparan nya beliau membahas Bobath Concept pada Cerebral Palsy

Poin penting : bahwa belajar dan mengulang-ulang itu penting.

* Bobath concept dapat diaplikasikan pada gangguan motor control walaupun yang disertai dengan gangguan kognitif mulai dari kasus yang ringan sampai kasus yang berat

* Bobath concept tidak akan selesai dan terus berkembang seiring berjalannya waktu atau iptek, pengalaman dan style terapisnya.

* Masih banyak pandangan tentang bobat itu masih memiliki evidence based yang lemah,. masih berdasar pada pengalaman yang dialami oleh fisioterapisnya. Masih dilihat berdasarkan pemeriksaan.

Bobath concept masih di inspirasi oleh pnf (kabat) yang mengajarkan pentingnya stimulasi propriopseptif untuk membangun tonus.

WOPHYStric1.jpg

Konsep bobath, Gangguan normal maturation yang bisa mengakibatkan keterlambatan bahkan berhentinya beberapa aspek perkembangan Adanya pola gerak dan postur yang abnormal akibat tonus postural yang abnormal. Setelah pemaparan materi, selanjutnya adalah melakukan praktek dengan mendemokan beberapa gerakan dan akan di praktikan langsung oleh para peserta. Setelah pemaparan materi, di lakukan penyerahan plakat oleh bapak Agustiyawan, SST.FT, M.Fis, Ftr  kepada Bapak Ahmad Syakieb, SKM., S.Ft.,MKM

Acara dilanjutkan dengan pembagian doorprize kepada para peserta yang beruntung.Berikut nya acara ditutup oleh kepala program studi diploma tiga, Bapak Agustiyawan, SST.FT, M.Fis, Ftr  yang dipandu oleh ailsa nahda selaku Mc. 

Informasi