• Pilih Bahasa :
  • indonesian
  • english

PKKMB Hari 1 di FIKES “Generasi Muda FIKES : Capai Prestasi dan Aktualisasi Diri dengan Kenali Karaktermu dan Kenali Kampusmu”

  • Terakhir diperbaharui : Sabtu, 14 Agustus 2021
  • Penulis : Devi Puspita Sari, S.Komp
  • Hits : 338

FIKES UPNVJ - Pada hari Jumat - Sabtu, 13 dan 14 Agustus 2021 telah dilaksanakannya kegiatan PKKMB (Pengenalan Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa Baru) Fakultas Ilmu Kesehatan UPN Veteran Jakarta dengan tema dari kegiatan ini yaitu “Generasi Muda FIKES: Capai Prestasi dan Aktualisasi Diri dengan Kenali Karaktermu dan Kenali Kampusmu” yang  merupakan program kerja dari Biro Pengendalian Sumber Daya Mahasiswa (PSDM) BEM Fakultas Ilmu Kesehatan UPN Veteran Jakarta Periode 2021/2022. Kegiatan ini berjalan dengan lancar dimulai dari pembukaan oleh pembawa acara (MC) yaitu saudari Vionita Apriliana dan saudara Eduardus Sultan selaku mahasiswa dari Unit Kegiatan Mahasiswa Master of Ceremony (MC) UPN Veteran Jakarta.

WhatsApp_Image_2021-08-14_at_17.25.43.jpeg

Kegiatan PKKMB (Pengenalan Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa Baru) Tingkat Fakultas ini merupakan suatu kegiatan dalam rangka menyiapkan mahasiswa yang baru melewati proses transisi menjadi mahasiswa yang dewasa dan mandiri, serta mempercepat proses adaptasi mahasiswa dengan lingkungan yang baru dan memberikan bekal untuk keberhasilannya menempuh pendidikan di perguruan tinggi. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk mengenalkan Fakultas Ilmu Kesehatan dan Program studi di dalamnya sebagai suatu lingkungan akademis serta mekanisme yang berlaku, membantu mempersiapkan mahasiswa agar mampu belajar di perguruan tinggi serta mematuhi dan melaksanakan nilai-nilai yang berlaku di lingkungan Fakultas Ilmu Kesehatan, memberikan orientasi  baru dalam memasuki dunia perguruan tinggi, mengembangkan mindset mahasiswa baru dari siswa menjadi mahasiswa yang berkarakter dan berintegritas dan menumbuhkan kesadaran mahasiswa baru akan tanggung jawab akademik sebagaimana tertuang dalam Tridharma perguruan tinggi serta menanamkan sifat kritis dan partisipatif dalam diri mahasiswa baru guna mencetak generasi penerus yang dapat memberikan kontribusi aktif untuk universitas dan untuk negara.

WhatsApp_Image_2021-08-13_at_08.08.51.jpeg

Kegiatan PKKMB (Pengenalan Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa Baru) Tingkat Fakultas ini dilaksanakan secara daring melalui platform Zoom Meeting dengan dihadiri oleh 500 peserta yang berasal dari 5 Program Studi yang berada di lingkup Fakultas Ilmu Kesehatan UPN Veteran Jakarta. Lalu kegiatan PKKMB (Pengenalan Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa Baru) Fakultas Ilmu Kesehatan ini juga dihadiri oleh Bapak Dekan Fakultas Ilmu Kesehatan, Bapak Wakil Dekan Bidang Umum dan Keuangan Fakultas Ilmu Kesehatan UPN Veteran Jakarta serta Ibu Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Kerja Sama, Senat Fakultas, Kepala Jurusan dan seluruh Kepala Program Studi serta jajarannya, Kepala Program Studi serta jajarannya, Kepala Laboratorium dan seluruh jajarannya, Kepala Bagian dan seluruh Kepala Sub Bagian Tata Usaha. Acara dimulai dengan sambutan oleh Bapak Dekan Fakultas Ilmu Kesehatan.

WhatsApp_Image_2021-08-14_at_17.29.30_(1).jpeg

Kegiatan ini terdiri dari pemutaran video ucapan selamat datang kepada Mahasiswa baru tahun 2021. Lalu dilanjutkan dengan pemaparan materi pertama oleh Dr. drg. Wahyu Sulistiadi, MARS selaku Dekan Fakultas Ilmu Kesehatan UPN Veteran Jakarta, Pemaparan materi kedua oleh Taufik Maryusman, S.Gz, MPd, M.Gizi selaku Wakil Dekan Bidang Akademik, kemudian dilanjutkan denganIce breaking/games. Setalah itu dilanjutkan Kembali adanya pemaparan materi ketiga oleh Sugianto, SE, MM selaku Wakil Dekan Bidang Umum dan Keuangan, Pemaparan materi keempat oleh Ns. Santi Herlina, S.Kep, M.Kep, Sp. Kep MB selaku Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama.

WhatsApp_Image_2021-08-14_at_17.30.14.jpeg

Lalu dilanjutkan dengan pemutaran video tutor pengisian KRS, website SIAKAD UPN Veteran Jakarta, E-learning UPN Veteran Jakarta, website Presma dan Fakultas Ilmu Kesehatan UPN Veteran Jakarta dan Leard UPN Veteran Jakarta serta Pemutaran video tour campus. kemudian dilanjutkan kembali dengan sesi pemaparan materi kelima mengenai 3 fungsi strategis mahasiswa oleh Dimas Heryunanto selaku Mahasiswa Program Studi Kesehatan Masyarakat Program Sarjana Angkatan 2020 dan Adjrina Dawina Putri selaku Mahasiswa Program Studi Kesehatan Masyarakat Program Sarjana Angkatan 2020  sebagai Duta Fakultas Ilmu Kesehatan UPN Veteran Jakarta. Kemudian dilanjutkan dengan sesi hiburan berupa penampilan talent Fakultas Ilmu Kesehatan oleh Adzkia Avisena Maghfiroh selaku Mahasiswa Program Studi Kesehatan Masyarakat Program Sarjana Angkatan 2020 dan Tawiyyah Dhiya Zhafirah selaku Mahasiswa Program Studi Keperawatan Program Diploma Tiga Angkatan 2019  dan Acara Talk Show yang membahas mengenai Mahasiswa berprestasi di bidang akademik oleh Muhammad Alfian selaku Mahasiswa Program Studi Keperawatan Program Sarjana Angkatan 2017 dan Mahasiswa berprestasi di bidang non akademik oleh Alya Sukma Program Studi Fisioterapi Program Diploma Tiga Angkatan 2019.

WhatsApp_Image_2021-08-14_at_17.30.32.jpeg

Setelah itu acara ditutup oleh MC dengan menghimbau kepada para peserta untuk mengisi link evaluasi kegiatan hari pertama yang menandakan bahwa kegiatan PKKMB (Pengenalan Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa Baru) ini sudah berakhir dan akan dilanjutkan di hari kedua pada tanggal 14 Agustus 2021.

PKKMB hari kedua tanggal 14 Agustus 2021 berlangsung dengan lancar dimulai dari pembukaan oleh pembawa acara (MC) yaitu saudari Vionita Apriliana dan saudara Eduardus Sultan selaku mahasiswa dari Unit Kegiatan Mahasiswa Master of Ceremony (MC) UPN Veteran Jakarta. Lalu dilanjutkan dengan sambutan oleh Ketua Pelaksana PKKMB FIKES 2021, Sambutan Ketua BEM FIKES Periode 2021/2022, Sambutan Ketua SEMA FIKES Periode 2021/2022.

Kegiatan ini terdiri dari Pengenalan BEM Fakultas Ilmu Kesehatan UPN Veteran Jakarta oleh Febri Adrian Milenio dan Alfadha Henryan Fenyara selaku Ketua dan Wakil Ketua BEM Fakultas Ilmu Kesehatan periode 2021/2022. Lalu dilanjutkan dengan pengenalan SEMA Fakultas Ilmu Kesehatan UPN Veteran Jakarta oleh Maharanti dan Tasya Amalina Hidayat selaku Ketua dan Wakil Ketua SEMA Fakultas Ilmu Kesehatan, Pengenalan KSM BATAVIA Fakultas Ilmu Kesehatan UPN Veteran Jakarta oleh Nanda Desi Rahma dan Nindi selaku Ketua dan Wakil Ketua KSM BATAVIA Fakultas Ilmu Kesehatan, Pengenalan FKI An-Nahl Fakultas Ilmu Kesehatan UPN Veteran Jakarta oleh Fida Nabilah Auliya dan Mira Putri Salsabila selaku Ketua dan Wakil Ketua FKI An-Nahl Fakultas Ilmu Kesehatan. Setelah itu dilanjutkan dengan sesi tanya jawab perihal pengenalan organisasi yang ada di Fakultas Ilmu Kesehatan UPN Veteran Jakarta.  Kemudian dilanjutkan dengan pemaparan rangkaian acara MABIM (Masa Bimbingan) oleh Salsabila Novitasari selaku koordinator acara PKKMB Fakultas Ilmu Kesehatan.

WhatsApp_Image_2021-08-13_at_08.09.33.jpeg

Setelah itu acara ditutup oleh MC dengan menghimbau kepada para peserta untuk bergabung kembali di room zoom meeting yang baru sesuai dengan Program Studi masing-masing untuk melaksanakan PKKMB (Pengenalan Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa Baru) Jurusan.

Informasi