• Pilih Bahasa :
  • indonesian
  • english

Webinar The 2nd International Conference on Health Development "The Healthcare Sector Evolution in The Industry 4.0 Era"

  • Terakhir diperbaharui : Minggu, 27 September 2020
  • Penulis : Devi Puspita Sari, S.Komp
  • Hits : 93

FIKES UPNVJ - Pada hari Sabtu dan Minggu, 26-27 September 2020 telah berlangsung kegiatan The 2nd International Conference on Health Development Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta dengan tema “The Healthcare Sector Evolution in The Industry 4.0 Era” yang diadakan oleh Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Pembangunan Nasional Vetaran Jakarta. Kegiatan ini dilakukan via online melalui zoom meeting dan live youtube. Peserta yang hadir dari 34 Provinsi yang terdiri dari praktisi kesehatan, akademisi, sektor pemerintahan, dan mahasiswa. Jumlah peserta yang hadir sebanyak 297 peserta. Acara dimulai dengan Sambutan dari Rektor Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta Erna Hernawati.

ICHD.jpg

Acara ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan mengenai penggunaan sistem kesehatan di era revolusi industri 4.0 dalam melawan COVID 19, strategi yang diterapkan dengan new normal di Indonesia, penguatan sistem kesehatan yang digunakan dengan memanfaatkan revolusi industri 4.0 baik dalam melakukan deteksi penderita, pendataan kasus, dan pengobatan yang diberikan kepada penderita. Perlunya penguatan dari sistem kesehatan.

ICHD2.jpg

Selain penguatan Sumber Daya Kesehatan (SDM), sangat penting dalam melakukan peningkatan sistem kesehatan yang kini menggunakan revolusi industri 4.0. Disamping itu, acara ini menjadi suatu ide dan hal yang baik untuk upaya pelaksanaan sistem Kesehatan yang baru mengenai rencana new normal dan pandangan dari beberapa negara yang juga menerapkan kebijakan yang sama dengan tujuan untuk memutus mata rantai penularan COVID 19.

ICHD3.jpg

The 2nd International Conference on Health Development Fakultas Ilmu Kesehatan UPN Veteran Jakarta 2020 ini dibagi menjadi dua sesi.  Sesi pertama diisi oleh Mw. Prof. J.M. (Annemiek) Richters dari Departement of Public Health and Primary Care, Universiteit van Amsterdam

ICHD4.jpg

Kemudian dilanjutkan pembicara kedua adalah Assoc. Prof. Dr. Chutima Jalayondeja dari Mahidol University Thailand dengan materi yang disampaikan yaitu . Dibantu oleh Arga Buntara, SKM, MPH.

ICHD5.jpg

Untuk sesi kedua diawali oleh pembicara satu yaitu Ns. Wiwin Winarti, M.Epid., MN dari Head of Nursing Department Faculty of Health Science  Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta dengan materi yang disampaikan yaitu Rapid Adaptation of Nursing Education Intitution During The Covid-19 Pandemic.

ICHD6.jpg

Lalu dilanjutkan pembicara kedua adalah Assoc. Prof. Chin Yit Siew dari University Putra Malaysia dengan materi yang disampaikan yaitu Nutrition and lifestyle change during COVID-19 Lockdown : Experience from Malaysia

ICHD7.jpg

pembicara terakhir adalah Desak Nyoman Sithi, S.Kp, MARS, PhD dari UPN Veteran Jakarta. Dibantu oleh moderator yaitu Rizki Amalia, SKM., MHSc dari Dosen Kesehatan Masyarakat Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta.

ICHD1.jpg

Acara ini mendapat tanggapan baik dan antusias yang besar dari peserta karena bermanfaat serta menjadi bahan evaluasi mengenai sistem Kesehatan COVID 19 di era industri 4.0.

Informasi