• Pilih Bahasa :
  • indonesian
  • english

Talkshow Online Kesehatan Optimalisasi Kesehatan Keluarga di Era New Normal

  • Terakhir diperbaharui : Sabtu, 29 Agustus 2020
  • Penulis : Devi Puspita Sari, S.Komp
  • Hits : 674

FIKES UPNVJ - Pada hari Sabtu, 29 Agustus 2020 telah berlangsung kegiatan Talkshow Online Kesehatan Program Studi D-III Keperawatan Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta dengan tema “Optimalisasi Kesehatan Keluarga di Era New Normal”. Kegiatan ini dilakukan via online melalui zoom meeting. Jumlah peserta yang hadir dalam  via zoom meeting yaitu 90 peserta. Kegiatan talk show didukung oleh Fakultas Ilmu Kesehatan UPN Veteran Jakarta, Puskesmas Limo, Kelurahan Krukut, dosen pendamping kegiatan ini, yaitu Ns. Riadinni Alita, M.Kes.,M.Kep.,Sp.Kep.Mat. Kegiatan yang dihadiri oleh Wadek Bidang Kemahasiswaan yaitu Putri Permatasari, SKM,MKM, Kaprodi D-III Keperawatan yaitu Ns. Rokhaidah, M.Kep.,Sp.Kep.An, Lurah Krukut yaitu Bapak Rohman Tohir, serta kader yang berada di wilayah Limo, karang taruna, dosen dan mahasiswa dari beberapa institusi lain.

Chandra.jpg

Acara ini bertujuan untuk membantu masyarakat memahami pentingnya kesadaran dalam keluarga untuk mempersiapkan langkah-langkah yang dapat diambil untuk pencegahan Covid-19 di era new normal serta memberikan edukasi dan meningkatkan kesehatan masyarakat.

Talkshow online Program Studi D-III Keperawatan UPN Veteran Jakarta 2020 ini dibawakan oleh dr. Naweng Triwulandari Solechan, M.Kes sebagai pembicara satu dengan judul “Peran Pelayanan Kesehatan dalam Menjaga Kesejahteraan Keluarga di Era New Normal”.

Dalam sharing yang disampaikan oleh dr. Naweng bahwa Puskemas bagian penting yang menjadi salah satu fasilitas kesehatan serta memiliki peran peningkatan pelayanan kesehatan. Terdapat beberapa prinsip penyelenggaraan Puskesmas sebagai salah satu unit yang turut terlibat dalam penanganan pandemic Covid. Prinsip-prinsip tersebut adalah paradigma kesehatan, pertanggung jawaban wilayah, kemandirian masyarakat, pemerataan, teknologi tepat guna, keterpaduan dan kesinambungan. Beliau menjelaskan bahwa dalam kerja Puskesmas sangat dipengaruhi respon masyarakat itu sendiri. Adanya kampung siaga Covid merupakan wujud sinergitas yang terjalin antara Puskesmas dengan wilayah dan masyarakat.

jihan.jpg

Untuk pembicara kedua adalah Ns. Chandra Tri Wahyudi, S.Kep, M.Kes dengan judul “Mempersiapkan Kemandirian Fisik dan Psikis Keluarga di Era New Normal”. Selain itu, dibantu oleh moderator sekaligus MC  yaitu Anisa Amelia, dari panita acara Talkshow Online Kesehatan.

keluarga.jpg

Ners. Chandra Tri Wahyudi, M.Kes menjelaskan bahwa keluarga merupakan unit terkecil namun memiliki peran yang tidak kalah penting dalam mewujudkan individu, keluarga dan komunitas yang sehat sesuai dengan paradigma sehat. Beliau menjelaskan bahwa keluarga yang memiliki kesadaran terhadap kesehatan tentunya akan lebih mudah mengedukasi sehingga kecapaian fisik dan psikologis akan tercapai dengan baik.

Informasi