• Pilih Bahasa :
  • indonesian
  • english

Webinar Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) : Strategi Menciptakan Psikososial Positif Pada Pekerja

  • Terakhir diperbaharui : Senin, 13 Juni 2022
  • Penulis : Devi Puspita Sari, S.Komp
  • Hits : 599

FIKES UPNVJ - Bahaya psikososial di tempat kerja merupakan tantangan serius bagi keselamatan dan kesehatan pekerja. Pekerja yang terus menerus terpapar bahaya psikososial di tempat kerja cenderung menjadi kurang produktif. Pada tahun 1984, ILO mendefinisikan bahaya/faktor psikososial sebagai interaksi antara lingkungan kerja, job content, kondisi organisasi dengan kapasitas dan kebutuhan pekerja. Definisi ini menekankan interaksi dinamis antara lingkungan kerja dan faktor manusia. Interaksi negatif antara kondisi pekerjaan dan faktor manusia dapat menyebabkan gangguan emosional, masalah perilaku, perubahan biokimia dan neurohormonal, dan meningkatkan risiko penyakit mental maupun fisik. Sebaliknya, ketika kondisi lingkungan kerja dan faktor manusia seimbang, pekerjaan dapat menciptakan perasaan percaya diri, meningkatkan motivasi, kapasitas dan kepuasan kerja dan meningkatkan kesehatan.

WhatsApp_Image_2022-06-13_at_09.53.57.jpeg

Program Kesehatan Masyarakat peminatan Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) memiliki peran dalam melakukan promosi kesehatan di tempat kerja untuk menanggulangi dampak psikososial negatif untuk membuat strategi dalam membetuk psikososial positif dengan dosen pengampu mata kuliah promosi keselamatan dan kesehatan kerja yaitu Rizki Amalia SKM, MHSc,. Oleh karena itu, pada hari Minggu, 12 Juni 2022 kelas K3C mengadakan webinar yang bertemakan “Strategi Menciptakan Psikososial Positif Pada Pekerja” dengan narasumber Drs. Johan Caniago AK3U, CPHRM, CBCP dan Anindhya Nisrina Putri.

WhatsApp_Image_2022-06-13_at_09.54.05.jpeg

Acara webinar ini berlangsung selama 3 jam dan diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Mars Bela Negara, sambutan dari Ketua Pelaksana. Kemudian, dilanjutkan dengan Sesi Pembicara 1 yang dibawakan oleh Anindhya Nisrina Putri dengan materi “Urgensi Dampak Psikososial Negatif terhadap Pekerja dan tempat Kerjasama”, lalu dilanjutkan dengan sesi pembicara 2 yang dibawakan oleh Drs. Johan Caniago AK3U, CPHRM, CBCP dengan materi “Strategi dalam Membentuk Lingkungan yang Mendukung Psikososial Positif Pekerja” setelah itu para peserta melakukan sesi tanya jawab. Kegiatan sesi tanya jawab ini sangat meriah karena banyak antusias dari para peserta yang rata – rata dari pekerja. Lalu, dilanjutkan lagi dengan pengisian post test dan evaluasi dan ditutup oleh MC.

WhatsApp_Image_2022-06-13_at_09.53.47.jpeg

Keseluruhan acara webinar ini berlangsung dengan lancar dan interaktif. Berdasarkan form evaluasi, webinar ini sesuai dengan keadaan para pekerja saat ini dan antusiasme para peserta untuk melakukan sesi tanya jawab.

Informasi