• Pilih Bahasa :
  • indonesian
  • english

Program Studi Kesehatan Masyarakat Program Sarjana : Project Based Learning (PBL) Mata Kuliah Perencanaan dan Evaluasi Kesehatan

  • Terakhir diperbaharui : Rabu, 15 Juni 2022
  • Penulis : Devi Puspita Sari, S.Komp
  • Hits : 521

FIKES UPNVJ – Pada hari Minggu, 3 April 2022, Program Studi Kesehatan Masyarakat Program Sarjana Mata Kuliah Perencanaan dan Evaluasi Kesehatan merupakan mata kuliah wajib bagi Program Studi Kesehatan Masyarakat Program Sarjana semester 4. Pada angkatan 2020, khususnya kelas D, mata kuliah tersebut diampu oleh Ibu Chahya Kharin Herbawani, S.Keb., Bd., MKM.

WhatsApp_Image_2022-06-15_at_10.18.16.jpeg

Salah satu metode pembelajaran dalam mata kuliah Perencanaan dan Evaluasi Kesehatan adalah Project Based Learning (PBL). Project Based Learning (PBL) adalah model pembelajaran yang didasarkan pada proyek, dimana mahasiswa dihadapkan dengan masalah yang ada di dunia nyata kemudian bertindak secara kolaboratif untuk menciptakan solusi dari masalah tersebut. Pada mata kuliah Perencanaan dan Evaluasi Kesehatan, mahasiswa diharapkan memiliki kompetensi dalam mengidentifikasi masalah, menentukan prioritas masalah, menyusun PoA hingga melakukan monitoring dan evaluasi.

WhatsApp_Image_2022-06-15_at_10.18.29.jpeg

Pada kelompok 2 kelas D Program Studi Kesehatan Masyarakat Program Sarjana, kegiatan Project Based Learning (PBL) dilaksanakan kegiatan “Edukasi Pencegahan DBD melalui 3M dan Penggunaan Bubuk Abate di Kampung Muka”pada hari Minggu, 3 April 2022 secara offline di Kampung Muka Ancol Kec. Pademangan, Jakarta Utara dari pukul 09.30 WIB – selesai. Kegiatan PBL ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan, kesadaran, dan partisipasi masyarakat dalam pemberantasan tempat perkembangbiakan nyamuk dan pencegahan peningkatan kasus DBD di Kampung Muka.

WhatsApp_Image_2022-06-15_at_11.00.05.jpeg

Rangkaian kegiatan Project Based Learning mata kuliah ini diawali dengan pembukaan, sambutan-sambutan, pengisian pretest, pemaparan materi yang dilanjutkan dengan demonstrasi 3M oleh mahasiswa, pembagian bubuk abate, sesi foto bersama, pengisian posttest, dan diakhiri dengan penutup. Selain itu, terdapat rangkaian kegiatan peninjauan ke rumah warga sekitar dalam rangka pemeriksaan lingkungan sekitar warga, akan keberadaan jentik nyamuk. Beberapa peninjauan antara lain, memeriksa dapur, kamar mandi hingga selokan sekitar pemukiman.

Pelaksanaan kegiatan ini merupakan pembelajaran praktik secara nyata terkait mata kuliah Perencanaan dan Evaluasi Kesehatan, dimana mahasiswa dapat merencanakan segala proses dan konsep kegiatan ini dari sebelum, saat hari pelaksanaan, hingga setelah pelaksanaan selesai. Mahasiswa juga dapat bertemu dan memberikan edukasi mengenai DBD kepada masyarakat Kampung Muka serta meninjau rumah warga terkait materi yang telah diberikan sebelumnya. Diharapkan dengan terlaksananya kegiatan Project Based Learning ini dapat menambah keterampilan, wawasan, dan kepercayaan diri mahasiswa dalam memberikan edukasi secara langsung kepada masyarakat. Lalu diharapkan pula masyarakat Kampung Muka dapat menambah ilmu, kesadaran, dan partisipasinya dalam pemberantasan serta pencegahan penyakit DBD.

WhatsApp_Image_2022-06-15_at_10.18.41.jpeg

Kegiatan Project Based Learning (PBL) pada mata kuliah ini juga telah terpublikasi pada jurnal pengabdian masyarakat yang dapat diakses pada link berikut ini https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/4249

Informasi