• Pilih Bahasa :
  • indonesian
  • english

Webinar Nasional Profesi Ners “Penerapan Kredensialing dalam Manajemen Keperawatan”

  • Terakhir diperbaharui : Rabu, 08 Juni 2022
  • Penulis : Devi Puspita Sari, S.Komp
  • Hits : 438

FIKES UPNVJTelah dilaksanakan kegiatan Webinar Nasional Keperawatan 2022 pada hari Sabtu, 4 Juni 2022 yang diselenggarakan oleh Program Studi Profesi Ners dengan mahasiswa Ners Angkatan 2021. Kegiatan ini dilaksanakan via online melalui Zoom Meeting dari pukul 08.00 WIB sampai 11.30 WIB. Tema yang diangkat pada Webinar Nasional ini adalah “Penerapan Kredensialing dalam Manajemen Keperawatan”. Webinar ini bertujuan untuk menjalin dan mempererat rasa persaudaraan antara mahasiswa kesehatan dan tenaga kesehatan di Indonesia serta meningkatkan pengetahuan dan pemahaman para mahasiswa dan tenaga kesehatan di Indonesia mengenai kredensial. Sasaran dari kegiatan ini adalah mahasiswa aktif pre-klinik ilmu kesehatan baik D-III, D-IV, maupun S-1 yang berasal dari Universitas/ Politeknik/ Sekolah Tinggi Kesehatan se-Indonesia, serta perawat Rumah Sakit dan masyarakat umum. Webinar ini dihadiri sekitar 600 peserta dari berbagai daerah di Indonesia.

WhatsApp_Image_2022-06-08_at_11.21.33.jpeg

Kegiatan Webinar Nasional Keperawatan 2022 ini dipandu oleh Erina Nurbaiti, Mahasiswa aktif Program Studi Profesi Ners UPN Veteran Jakarta angkatan 2021 selaku Master of Ceremony (MC). Rangkaian acara diawali dengan pembukaan, salam bela negara, pembacaan tata tertib, menyanyikan lagu Indonesia Raya, MARS PPNI, dan MARS UPNVJ yang dipandu oleh MC serta foto bersama dan salam bela negara. Acara selanjutnya, yaitu pengisian link absensi oleh peserta webinar. Rangkaian acara selanjutnya adalah sambutan dari Ketua Pelaksana Webinar Nasional Keperawatan 2022, Kepala Jurusan Keperawatan, Dekan Fakultas Ilmu Kesehatan yang diwakilkan oleh Wakil Dekan Bidang Akademik Fakultas Ilmu Kesehatan UPN Veteran Jakarta.

WhatsApp_Image_2022-06-08_at_11.21.14.jpeg

Rangkaian acara selanjutnya adalah MC membacakan Curriculum Vitae (CV) dan memperkenalkan moderator, yaitu Dr. Sudiharto, S.Kp., M.Kes., RN, Dosen Manajamen Keperawatan Fakultas Ilmu Kesehatan UPN Veteran Jakarta. Selanjutnya, moderator membuka sesi pemaparan dengan membacakan CV dari Keynote Speaker yaitu Bapak Dr. H. Edy Wuryanto, M.Kep selaku Anggota Komisi IX Bidang Kesehatan dan Ketenagakerjaan DPR RI dengan membawakan materi mengenai “Peran DPR RI dalam Kebijakan SDM Kesehatan dan Ketenagakerjaan di Indonesia”. Setelah itu dilanjutkan dengan pertanyaan dari moderator kepada Bapak Edy Wuryanto.

WhatsApp_Image_2022-06-08_at_11.21.09.jpeg

Acara dilanjutkan dengan moderator membacakan CV dari pembicara pertama yaitu Bapak Dr. Harif Fadhillah, S.Kp., S.H., M.Kep., M.H selaku Ketua Umum PP PPNI dengan membawakan materi mengenai “Peran PPNI dalam Upaya Mewujudkan Sistem Kredensial Keperawatan dan Kesejahteraan Profesi Perawat di Rumah Sakit”.

WhatsApp_Image_2022-06-08_at_11.20.53.jpeg

Acara dilanjutkan dengan moderator membacakan CV pembicara kedua yaitu Bapak Dr. Sirajudin Noor, S.Kp., S.H., M.Kes selaku Dosen Manajemen Keperawatan Fakultas Ilmu Kesehatan UPN Veteran Jakarta dengan membawakan materi mengenai “Pengakuan Kompetensi Profesi dan Sistem Imbalan dalam Peningkatan Kinerja Perawat”. Setelah itu, dilanjutkan dengan sesi tanya jawab antara pembicara, moderator, dan peserta mengenai pemaparan materi dari pembicara 1 dan 2.

WhatsApp_Image_2022-06-08_at_11.20.47.jpeg

Kemudian selanjutnya, moderator membacakan CV pembicara ketiga yaitu Ibu Prof. Dr. RR. Tutik Sri Hariyanti, S.Kp., MARS dengan membawakan materi mengenai “Jenjang Karier Perawat Klinis dalam Upaya Meningkatkan Mutu Pelayanan Keperawatan Rumah Sakit”. Setelah itu, dilanjutkan dengan sesi tanya jawab antara pembicara, moderator, dan peserta. Akhir acara, MC menghimbau peserta untuk mengisi link Evaluasi Webinar Nasional Keperawatan sebagai syarat mendapatkan sertifikat lalu MC menutup acara.

WhatsApp_Image_2022-06-08_at_11.20.37.jpeg

Informasi