• Pilih Bahasa :
  • indonesian
  • english

Tujuan dan Sasaran Profesi Ners

  • Terakhir diperbaharui : Senin, 09 Mei 2016

Tujuan Prodi :

  1. Menghasilkan lulusan Ners yang kompeten dan mampu  bersaing pada tingkat nasional dan regional.
  2. Menghasilkan penelitian dan pengabdian masyarakat yang berkualitas
  3. Menghasilkan kerjasama dalam bidang pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat dengan institusi dalam dan luar negeri.

Sasaran Prodi :

  1. Dihasilkannya lulusan Ners yang kompeten dan mampu  bersaing pada tingkat nasional dan regional

          Adapun strategi pencapaiannya adalah  :       

  1. Menyelenggarakan pembelajaran berbasis kompetensi yang mengakomodasi kebutuhan pengguna lulusan dan mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi keperawatan. Target peninjauan kurikulum dilakukan minimal 1 tahun sekali..
  2. Meningkatkan kualitas dan kuantitas dosen dalam mewujudkan mutu penyelengaraan pembelajaran. Target rasio mahasiswa dan dosen 1: 20  untuk tahap akademik dan rasio 1 : 5 untuk tahap profesi.
  3. Meningkatnya mutu proses pembelajaran Prodi yang meliputi perancangan, pembelajaran dan evaluasi hasil belajarnya. Targetnya rata-rata masa studi mahasiswa 5 tahun, waktu tunggu lulusan paling lama ≤ 6 bulan dan tingkat kelulusan uji kompetensi perawat minimal 90 %.
  4. Mengembangkan kualitas dosen dengan mengikuti pendidikan formal S2 atau S3 dan pendidikan non formal melalui kegiatan pelatihan, lokakarya, dan seminar serta meningkatkan jabatan akademik dan perolehan sertifikat pendidik. Proporsi dosen berpendidikan S2 100 %, memiliki jabatan akademik 100% dan bersertifikat pendidik 100%
  5. Meningkatkan fasilitas perpustakaan meliputi kenyamanan ruangan, pelayanan dan menambah kecukupan koleksi buku. Targetnya setiap tahun penambahan 20 buku rujukan untuk semua bidang keilmuan keperawatan dengan tahun penerbitan minimal 10 tahun terakhir.
  6. Meningkatkankan fasilitas laboratorium keperawatan. Targetnya adanya mini hospital, skill lab station dan laboratorium kesehatan matra
  7. Menambah fasilitas penunjang akademik : ruang kelas tutorial, infocus dan penambahan bandwitch  dan WiFi.
  8. Menyediakan fasilitas umum untuk mendukung kegiatan mahasiswa seperti : kantin, mushola, lapangan volley, lapangan sepak bola, parkir kendaraan, saung tempat diskusi an penambahan bandwitch  dan WiFi.

 2. Dihasilkannya penelitian dan pengabdian masyarakat yang berkualitas 

Adapun strategi pencapaiannya adalah   :

  1. Meningkatnya jumlah penelitian yang berkualitas. Targetnya ada 17 penelitian dosen yang  dibiayai internal PT setiap tahun.
  2. Meningkatnya publikasi ilmiah dosen. Targetnya 17 artikel ilmiah yang dipublikasikan dalam jurnal internal PT maupun eksternal PT. 
  3. Meningkatnya kegiatan pengabdian di bidang keperawatan dan kesehatan matra.Targetnya terdapat 17 pengabdian masyarakat yang dilakukan pertahun

3. Dihasilkannya kerjasama dalam bidang pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat dengan institusi dalam dan luar negeri

Adapun Strategi pencapainya  adalah :

  1. Meningkatkan kerjasama dengan pihak rumah sakit, puskesmas dan komunitas dan stake holder terkait dengan pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat serta proses rekruitmen penerimaan lulusan. Targetnya: minimal terdapat 1 penelitian bersama yang diterbitkan dalam jurnal internal maupun eksternal PT.
  2. Meningkatkan kerjasama (branchmarking) dengan institusi pendidikan keperawatan di luar negeri dalam rangka pertukaran mahasiswa dan dosen. Target: minimal 1 tahun terdapat 1 kegiatan branchmarking dengan institusi pendidikan di luar negeri baik dalam bentuk pertukaran dosen atau mahasiswa maupun kuliah pakar. Targetnya terdapat 17 pengabdian masyarakat yang dilakukan pertahun

Newsletter

Daftar sekarang untuk menerima berita terkini, lowongan kerja, dan informasi lainnya.

Follow Us On

f