• Pilih Bahasa :
  • indonesian
  • english

Sejarah Kesehatan Masyarakat (S-1)

  • Terakhir diperbaharui : Senin, 16 Juli 2018

1.jpg

Bahwa Universitas Pembangunan Nasional (UPN) ”Veteran” Jakarta didirikan pada tahun 1963, oleh para Veteran Pejuang KemerdekaanRepublik Indonesia, untuk mencerdaskan kehidupan bangsa, agar terhindar dari segala jenis penjajahan. Sudah diantisipasi oleh para pendiri lembaga ini bahwa, hanya melalui pendidikanlah cara terbaik untuk mengubah perilaku, sikap dan kemampuan berpikir manusia.

UPN ”Veteran” Jakarta sebagai lembaga pendidikan yang telah diakui keberadaannya oleh masyarakat, terletakdi Jalan RS Fatmawati, Pondok Labu Jakarta Selatan, merupakan Universitas kedinasan yang dikelola oleh Departemen Pertahanan  dan Keamanan R.I. Selanjutnya beralih status menjadi Universitas Swasta tahun 1995 dibawah naungan Yayasan Kejuangan Panglima Besar Sudirman (YKPBS) yang kemudian pada tahun 2007 berubah menjadi Yayasan  Kesejahteraan Perumahan Prajurit (YKKP). Saat ini UPN kembali beralih status menjadi Universitas Negeri berdasarkan Perpres 120 tahun 2014 tanggal 6 Oktober 2014.

Fakultas Ilmu Ilmu Kesehatan (FIKES) sebagai salah satu Fakultas dijajaran UPN “Veteran” Jakarta, secara resmi didirikan pada tanggal 5 Oktober 2007 berdasarkan Surat Keputusan KetuaYayasan Kesejahteraan pendidikan dan Perumahan Nomor : SKep/020/P/YKPP/X/2007. Saat ini FIKES UPN “Veteran” Jakarta  membawahi enam program studi  yaitu Program Studi S-1 Ilmu Keperawatan, Program Studi Profesi Ners, Program Studi S-1 Ilmu Kesehatan Masyarakat, Diploma III Keperawatan, Diploma III Fisioterapi dan Program Studi S-1 Gizi.

Sebelum digabung menjadi Fakultas Ilmu Ilmu Kesehatan, masing-masing program studi berdiri sendiri seperti D3 Keperawatan awalnya adalah Akademi Keperawatan UPN yang didirikan pada bulan Februari 1996. Sedangkan D3 Fisioterapi awalnya adalah Akademi Fisioterapi YERM di bawah yayasan Institute Rehabilitasi Medis yang selanjutnya diserahkan ke UPNVJ di bawah Yayasan Jenderal Sudirman pada tanggal 2 September 1998.

Program studi Ilmu Keperawatan dan Program studi Ilmu Kesehatan Masyarakat didirikan pada tanggal 22 Oktober 2002 yang pada awalnya disatukan dibawah Fakultas Kedokteran UPNVJ sebagai bagian dari Prodi Fakultas Kedokteran. Mengingat akselerasi perkembangan program studi Ilmu Keperawatan begitu pesat terutama pada jumlah mahasiswanya demikian juga dengan Ilmu Kesehatan masyarakat, maka dipandang perlu untuk melepaskan program-program studi tersebut dari Fakultas Kedokteran yang selanjutnya digabung menjadi satu kesatuan prodi kesehatan yaitu Fakultas Ilmu Ilmu Kesehatan pada tanggal 5 Oktober 2007. Selanjutnya Program studi Ilmu Gizi berdiri pada bulan September 2010 sebagai bagian dari program studi Fakultas Ilmu Ilmu Kesehatan. 

Beralihnya status UPN "Veteran" Jakarta (UPNVJ) menjadi perguruan tinggi negeri pada tahun 2014, hal ini sesuai dengan Peraturan Presiden No.120 tahun 2014 tentang Pendirian Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jakarta. Oleh karena itu, dilakukan perubahan visi dan misi di tingkat universitas yang beridentitas bela Negara. Perubahan tersebut berarti mempengaruhi visi, misi, tujuan dan sasaran Program Studi S1 Kesehatan Masyarakat.

Pada tahun 2016, Prodi S1 Kesehatan Masyarakat melakukan peninjauan visi, misi, tujuan dan sasaran. Peninjauan dilakukan untuk menindaklanjuti perubahan visi, misi, tujuan dan sasaran di tingkat universitas dan fakultas. Mekanisme penyusunan visi,  misi,  dan sasaran Prodi sesuai dengan IK Penyusunan Visi Misi, No: UPNVJ/ IK/ FIKES/40-02/14 adapun tahapannya sebagai berikut :

Pembentukan Tim Perumus melibatkan seluruh sivitas akademika dan para stakeholders, meliputi : Pihak Internal yaitu : Pimpinan Fakultas yaitu Dekan,  Wadek 1, 2 dan 3, Ketua Program Studi S1 Kesehatan Masyarakat, Dosen,Tenaga Kependidikan, dan Mahasiswa. Pihak Eksternal yaitu : Perwakilan Universitas Indonesia, Kementerian Kesehatan, Kemenakertrans, PT Askes, Dinas Kesehatan Kota Depok, AIPTKMI (Asosiasi Institusi Perguruan Tinggi Kesehatan Masyarakat Indonesia), IAKMI (Ikatan Ahli Kesehatan Masyarakat Indonesia, dan Alumni Program Studi Kesehatan Masyarakat. Pembentukan dan Tugas Fungsi Tim Perumus disahkan dengan SK Rektor nomor : Kep/ /UN61/2017.

Penyusunan perubahan visi, misi, tujuan dan sasaran, Penyusunan perubahan visi, misi, tujuan, dan sasaran prodi S1 Kesehatan Masyarakat dilakukan melalui rapat sebanyak 2 kali yaitu pada tanggal 13 September 2017 dengan Tim Perumus Internal yaitu Dekan, Wakil Dekan, Kepala Program Studi, dan Dosen Kesmas, dengan hasil perlu diadakan perubahan visi misi yaitu...disesuaikan dengan visi, misi, tujuan dan sasaran Universitas, Selanjutnya tim merumuskan visi misi prodi S1 Kesehatan Masyarakat baru dengan masukan dari pihak eksternal pada rapat tanggal 4 Oktober 2017 dengan hasil  rapat pada dasarnya setuju dengan perubahan visi, misi, tujuan, dan sasaran dengan konsep bela negara yang disesuaikan dengan Universitas. Hasil penyusunan perubahan tersebut dicatat pada notulensi rapat dan berita acara, berita acara penyusunan perubahan visi, misi, tujuan, dan sasaran prodi S1 Kesehatan Masyarakat setelah selesai bersama dengan absensi kehadiran rapat ditandatangani oleh Ketua Tim dan selanjutnya divalidasi oleh tim validasi yang beranggotakan perwakilan dari LP3M Universitas dan Tim Pelaksana Penjamin Mutu Fakultas. Seluruh berkas sudah ditandatangani dan divalidasi diserahkan kepada Dekan Fakultas Ilmu Kesehatan, selanjutnya

Finalisasi perubahan visi, misi, tujuan, dan sasaran melalui rapat senat Fakultas Ilmu Kesehatan untuk dilakukan pengesahan oleh senat Fakultas Ilmu Kesehatan pada tanggal 24 Oktober 2017, selanjutnya,

Rumusan visi, misi, tujuan dan sasaran prodi yang disahkan melalui Keputusan Rektor

Newsletter

Daftar sekarang untuk menerima berita terkini, lowongan kerja, dan informasi lainnya.

Follow Us On

f