• Pilih Bahasa :
  • indonesian
  • english

Diet Rendah Lemak Berbahaya Bagi Tubuh

  • Terakhir diperbaharui : Senin, 18 September 2017
  • Penulis : Devi Puspita Sari, S.Komp
  • Hits : 127

 Diet Rendah Lemak Berbahaya Bagi Tubuh

Gizi selain dibutuhkan untuk keperluan umum, juga dibutu hkan untuk memelihara fungsi sistem imunitas secara benar. Sel limfosit merupakan salah satu komponen sistem imun yang sangat aktif dalam proses metabolisme. Apabila tubuh kekurangan gizi terutama lemak, maka timbulah defisiensi imun sekunder.
Kita memiliki membrane sel yang dimana tersusun oleh dwilapisan asam lemak. Kadar asam lemak pada membrane sel dipengaruhi oleh kadar lemak dalam serum, sehingga kandungan lemak dalam makanan akan mempengaruhi membrane sel. Akibat hal tersebut keadaan membrane sel pada sel imunokompnten akan berpengaruh pada respon imun. Kolesterol dan asam lemak pada membran sel mempengaruhi kecairan membran sel tubuh kita. Tingkat kecairan membran sel  sangat penting untuk perpindahan molekul fosfolipid dari sebelah dalam ke sebelah luar. Apabila asam lemak mengalami defisiensi dalam sel tubuh maka mempengaruhi respon imun terhadap antigen (Bakteri, Virus dan Parasit).
Disamping dampaknya kekurangan asam lemak pada struktur membrane sel maka kurangnya asam lemak dalam tubuh mengakibatkan hambatan absorbs bahan makanan yang larut dalam lemak seperti bebarapa vitamin (A, D, E, DAN K) sehingga metabolism yang dilakukan tubuh tidak akan optimal dan munculah penyakit yang berhubungan dengan fungsi sel dan jaringan.
Dimasyarakat sekarang sedang digencarkan kampanye mengenai Diet Rendah Lemak. Apabila ini menjadi kebiasaan yang dilakukan oleh masyarakat dengan dalil dapat mengurangi berat badan dan lemak tubuh maka sejatinya ini malah akan MERUSAK SISTEM IMUNITAS TUBUH KITA dan menimbulkan banyak penyakit yang berhubungan dengan SEL DAN JARINGAN TUBUH. Jangan karena hanya ingin berpenampilan menarik namun merugikan TUBUH KITA. Bijaklah dalam menerima informasi dan lakukanlah konsultasi kepada Ahli Gizi agar kita menjalani hidup penuh dengan ARTI. 

Oleh Taufik Maryusman, S.Gz, M.Gizi, M.Pd
Informasi

Newsletter

Daftar sekarang untuk menerima berita terkini, lowongan kerja, dan informasi lainnya.

Follow Us On

f