• Pilih Bahasa :
  • indonesian
  • english

Mahasiswa Program Studi S1 Kesehatan Masyarakat Melakukan Promosi Kesehatan "WASPADAI TEKANAN HIPERTENSI" di Pukesmas Kecamatan Cilandak

  • Terakhir diperbaharui : Senin, 04 November 2019
  • Penulis : Devi Puspita Sari, S.Komp
  • Hits : 59

FIKES UPNVJ – Pada Hari Jum’at tanggal 25 Oktober 2019 Program Studi S1 Kesehatan Masyarakat Mahasiswa melakukan Promosi Kesehatan pada Fasilitas Pelayanan Kesehatan Primer yang dilaksanakan di Puskesmas Kecamatan Cilandak, Jakarta Selatan. Mahasiswa yang terdiri dari beberapa kelompok yaitu Kelompok 2 Promosi Kesehatan Fasyankes Primer dari kelas 3A program studi Kesehatan Masyarakat dan didampingi oleh Ibu Yuri Nurdiantami dengan sasaran sebanyak 22 orang pra lansia dan lansia dalam rentang usia 49-80 tahun. Tema yang dipilih adalah “Hipertensi” dengan sub pokok pembahasan pengertian hipertensi, faktor risiko, atur pola makan dan pencegahan hipertensi.

yuri8.jpg

Audiens tersebut menerimanya dengan sangat antusias, dan tidak sedikit dari mereka yang dapat menjawab pertanyaan yang diberikan oleh kelompok dan tidak sedikit pula yang mengajukan pertanyaan mengenai apa yang menurut mereka kurang jelas. Selain itu pihak puskesmas juga mengapresiasi penyuluhan yang dilakukan karena tema “Hipertensi" yang menjadi keluhan terbanyak di puskesmas tersebut.

yuri9.jpg

Kelompok memiliki target 70% sasaran dapat memahami apa yang telah kelompok jelaskan, seperti pengertian hipertensi, standar tekanan darah hipertensi, makanan yang harus dibatasi, cara mencegah hipertensi dan risiko yang dapat dicegah. Untuk mengetahui apakah target kelompok tercapai atau tidak, kelompok menggunakan (media) angket untuk diisi oleh para audiens. Parameter yang menjadi penilaian dari angket tersebut ialah paham dan tidak paham. Audiens dikatakan paham apabila dapat menjawab pertanyaan dengan benar. Dari angket yang telah dibagikan oleh kelompok untuk diisi oleh para audiens, maka dapat disimpulkan bahwa para audiens di Puskesmas Kecamatan Cilandak telah mencapai target sasaran yaitu sebesar 90% dari 70% target yang sudah ditentukan.

yuri10.jpg

Hasil Kegiatan Matakuliah Promosi Kesehatan ini disusun oleh Farwah Hafidah 1810713003, Diyah Sufi Nashititi 1810713027, dan Windi Nurdiana Utami 1810713023.

Informasi

Newsletter

Daftar sekarang untuk menerima berita terkini, lowongan kerja, dan informasi lainnya.

Follow Us On

f