• Pilih Bahasa :
  • indonesian
  • english

KEGIATAN PBL 1 DI KELURAHAN BOJONG PONDOK TERONG TAHUN 2019

  • Terakhir diperbaharui : Senin, 09 September 2019
  • Penulis : Devi Puspita Sari, S.Komp
  • Hits : 30

Fakultas Ilmu Kesehatan - Telah dilaksanakan kegitan Pengalaman Belajar Lapangan 1 pada tanggal 29 Juli – 14 Agustus 2019. Kegiatan tersebut dilaksanakan di Kelurahan Bojong Pondok Terong, Kecamatan Cipayung, Kota Depok, Jawa Barat. Kegiatan dilakukan mulai dari pengumpulan data, pengolahan data, analisis data, interpretasi data, dan penyajian data.

Hari Rabu, 14 Agustus 2019 telah diadakan Musyawarah Masyarakat Desa sebagai penutup dari rangkaian kegiatan PBL 1. MMD dilaksanakan di Kantor Kecamatan Cipayung dengan mengundang Camat, Lurah, Kepala Puskesmas, Ketua FKKS (Forum Komunikasi Kecamatan Sehat), para Ketua RW 002-012 dan Ketua RT, serta perwakilan warga setempat. Acara ini juga turut dihadiri oleh Dosen-Dosen Prodi Kesehatan Masyarakat UPNVJ. Mayoritas masyarkat Kelurahan Bojong Pondok Terong merupakan kelompok usia produktif. Namun, belum optimalnya pemberdayaan masyarakat mengakibatkan Kelurahan Bojong Pondok Terong belum termasuk Kelurahan Sehat karena masih ada indikator yang belum mencapai cakupan 100%.

Dari kegiatan PBL 1, didapatkan 10 masalah penyakit terbanyak yang diderita masyarakat Kelurahan Bojong Pondok Terong. Dimana tren penyakit telah berubah dari Penyakit Menular (PM) menjadi Penyakit Tidak Menular (PTM). Adapun PM tertinggi adalah influenza sedangkan untuk PTM tertinggi adalah hipertensi. Dengan perubahan tren penyakit yang ada, maka cakupan JKN di masyarakat Kelurahan Bojong Pondok Terong harus 100%. Namun masih ada masyarakat yang belum memiliki JKN. Dari 10 besar masalah penyakit yang ada, akan dibuatkan rancangan program oleh puskesmas untuk menyelesaikan masalah kesehatan tersebut. Terkait permasalahan hipertensi, puskesmas akan menyediakan obat untuk menanggulangi masalah tersebut.

Dalam segi KIA, masih terdapat ibu hamil yang memeriksakan kandungannya ke dukun. Kepala Puskesmas memberi himbauan kepada Kader dan Perangkat Desa untuk memberitahukan kepada masyarakat agar  memeriksakan kehamilan ke petugas kesehatan resmi. Untuk masalah terhambatnya pemberian asi eksklusif, agar dicari faktor penyebabnya untuk diselesaikan.

Untuk permasalahan kesehatan lingkungan, masih terdapat daerah di Kelurahan Bojong Pondok Terong yang kesulitan mendapatkan air bersih dikarenakan kondisi geografis daerah tersebut yang tidak datar, sehingga berpengaruh pada kualitas air. Ada juga masyarakat yang belum memiliki jamban sehat.

Harapan untuk jalannya PBL 2 agar difokuskan kepada kelompok masyarakat usia produktif( (usia 6 – 55 tahun) dan diterapkan di semua fakultas lain untuk dapat menyelesaikan masalah non-kesehatan agar dipersiapkan secara lebih efektif.

Informasi