• Pilih Bahasa :
  • indonesian
  • english

Kesmas Mengajar (Kejar): Perilaku Hidup Bersih Sehat (PHBS) Dengan Ceria

  • Terakhir diperbaharui : Jumat, 31 Mei 2019
  • Penulis : Devi Puspita Sari, S.Komp
  • Hits : 232

Fakultas Ilmu Kesehatan - Mahasiswa S1 Kesehatan Masyarakat Kesmas Mengajar (Kejar) bersama Divisi Sosial Masyarakat Himpunan Mahasiswa Kesehatan Masyarakat (HMKM) UPNVJ menggelar program kerja sebanyak tiga kali per tiga bulan per periode relawan. Program ini terbuka untuk seluruh mahasiswa/i Kesehatan Masyarakat, bukan hanya pengurus HMKM UPNVJ. Periode pertama dari seleksi yang diterima berjumlah 66 mahasiswa/i Kesmas diusung tema Perilaku Hidup Bersih Sehat (PHBS) Dengan Ceria.

228.jpg

Tri Dharma Perguruan Tinggi adalah salah satu tanggung jawab yang harus ditopang penuh oleh seluruh mahasiswa yang terdiri dari tiga poin, yaitu: Pendidikan dan Pengajaran; Penelitian dan Pengembangan; dan Pengabdian Masyarakat. Kejar merupakan poin ketiga yaitu Pengabdian Masyarakat.

Kegiatan kerelawanan semacam Kejar tentu memiliki banyak manfaat dalam menyadarkan anak-anak muda untuk lebih aktif dalam kegiatan sosial, bukan hanya untuk bermanfaat bagi orang lain, tetapi juga untuk diri sendiri.

Fanira, salah satu relawan Kejar periode pertama bulan Mei mengungkapkan bahwa dirinya mendapatkan banyak pengalaman, salah satunya adalah promosi kesehatan sekaligus berdaptasi dengan dunia anak-anak. Dunia ini berbeda dengan kegiatan yang biasanya Ia ikuti dengan sasaran orang remaja dan kalangan ibu yang memiliki bayi.

“Paling utama itu saya dapat belajar cara menyampaikan pesan dengan anak-anak ditambah memberi wawasan kesehatan yang dapat saya implementasikan. Mengatasi kebosanan dan bagaimana mereka dapat menerima pesan tersebut dengan anak-anak menggunakan media yang menarik harus dibentuk dengan bahasa sesederhana mungkin. Mengajar bukan hanya memberi bahan ajar tetapi juga mendapatkan hal yang dapat menjadi bahan ajar untuk diri sendiri berupa pengalaman”  Ujarnya.

229.jpg

Kegiatan ini merupakan wadah bagi para mahasiswa/i Kesehatan Masyarakat untuk memberikan kontribusi nyata dengan terjun langsung ke masyarakat. Sebagai mahasiswa/i Kesehatan Masyarakat ini merupakan salah satu kunci utama dalam mempraktikkan Promosi Kesehatan. Mereka disini tak hanya mengajar tetapi memberikan arahan dan ilmu berawald dari hal kecil pada bidang Kesehatan seperti mencuci tangan yang baik dan benar.

Kejar adalah salah satu program kerja dari Divisi Sosial Masyarakat HMKM UPNVJ pertama kali berlangsung. Periode pertama dilaksanakan pada bulan Maret-Mei 2019 di Rumah Belajar Damai Residence, Jagakarsa, Yayasan Yatim Piatu Daarul Aitam, Jagakarsa, dan Rumah Belajar ‘Rumah Langit’, Condet, Kramat Jati. Program ini akan berlanjut hingga kepengurusan selesai dan berlanjut ke generasi selanjutnya setiap tiga kali per tiga bulan per periode.

Penulis: Salsabilla Anisah Rizky

Informasi