• Pilih Bahasa :
  • indonesian
  • english

STUDI BANDING KE UNIVERSITAS JENDRAL SOEDIRMAN

  • Terakhir diperbaharui : Kamis, 28 Maret 2019
  • Penulis : Devi Puspita Sari, S.Komp
  • Hits : 281

         

Fakultas Ilmu Kesehatan - Pada Hari Kamis dan Jum'at. tanggal 21 - 22 Maret 2019, Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jakarta Berkunjung ke Universitas Soedirman, dari Fakultas Ilmu Kesehatan yang berangkat adalah Wakil Bidang Akademik    Sri Yani, S.ST, MSi, Wakil Bidang II Keuangan dan Umum Dra. Marina Ery Setiyawati, MM, Kajur Keperawatan, Ns. Wiwin Winarti, M.Epid, MN dan dari sekertaris SPI Satria, dalam rangka Studi Banding ke PTN BLU dengan tujuan untuk meningkatkan Pembelejaran Sistem Blok dengan PBL dan SCL serta Sistem Honorium Fakultas Ilmu - Ilmu Kesehatan Universitas Soedirman.

131.jpg

Dengan adanya kecenderungan globalisasi dan keinginan untuk menyesuaikan tuntutan kebutuhan serta aspirasi bangsa Indonesia di masa depan akan membawa implikasi terhadap perubahan-perubahan kebijakan, khususnya dalam bidang pendidikan. Untuk itu upaya peningkatan mutu pendidikan harus dilakukan secara menyeluruh yang mencakup pengembangan dimensi manusia Indonesia seutuhnya, yakni aspek-aspek moral, akhlaq, budi pekerti, pengetahuan, keterampilan, seni, olah raga, dan perilaku.

130.jpg

Pengembangan aspek-aspek tersebut bermuara pada peningkatan dan pengembangan kecakapan hidup (life skill) yang diwujudkan melalui pencapaian kompetensi peserta didik untuk bertahan hidup, menyesuaikan diri, dan berhasil di masa datang. dengan demikian peserta didik memiliki ketangguhan, kemandirian, dan jati diri yang dikembangkan melalui pembelajaran dan atau pelatihan yang dilakukan secara bertahap dan berkesinambungan. Implementasi KPT di Fakultas Ilmu Kesehatan sudah berjalan dengan menerapkan system blok yang mengacu pada problem base learning pada proses pembelajaran yang diterapkan pada Prodi Keperawatan. Agar pelaksanaannya optimal maka kami masih perlu belajar banyak untuk mengembangkan pembelajaran yang bersumber kepada mahasiswa (student center learning) dengan problem base learning ini terutama selain prodi keperawatan serta bagaimana cara system honorariumnya pada system blok tersebut. Proses bejalar yang akan kami laksanakan adalah melakukan studi banding ke salah satu Universitas Negeri di Indonesia yakni ke Fakultas Ilmu-Ilmu Kesehatan Universitas Soedirman.

Tujuan utama melakukan studi banding ini adalah menggali sebanyak mungkin informasi yang bisa didapat secara teknis real dan empiris. Untuk dijadikan barometer dan pembanding yang kemudian masuk untuk menemukan sebuah pembaharuan yang aplikatif, baik untuk plan ke depan dalam jangka pendek dan jangka panjang secara futuristic.

Hasil studi banding yang bisa diterapkan di FIKes UPNVJ adalah

  1. Pemantapan metode  pemebelajaran system blok dengan PBL dan SCL yang selama ini sudah diaplikasikan di Jurusan Keperawatan FIKes UPNVJ
  2. Pengembangan ilmu dan keterampilan masing-masing prodi ke arah spesialis atau peminatan
  3. Pengembangan laboratorium FIKES UPNVJ
  4. Perhitungan beban SKS Dosen
  5. Pengembangan system informasi SDM

129.jpg

Demikian, semoga dapat membawa FIKes UPNVJ lebih maju.

Informasi

Newsletter

Daftar sekarang untuk menerima berita terkini, lowongan kerja, dan informasi lainnya.

Follow Us On

f