• Pilih Bahasa :
  • indonesian
  • english

RAPAT DILUAR JAM KERJA AGENDA DIBIDANG AKADEMIK

  • Terakhir diperbaharui : Senin, 11 Pebruari 2019
  • Penulis : Devi Puspita Sari, S.Komp
  • Hits : 1464

Fakultas Ilmu Kesehatan - Pada Hari Kamis tanggal 7 Februari Fakultas Ilmu Kesehatan Mengadakan Kegiatan Rapat Diluar Jam Kerja (RDK) Agenda Kegiatan Di Bidang Akademik di Lantai 2 Ruang 210. Sambutan oleh Dekan FIKES UPNVJ (Dr. drg. Wahyu Sulistiadi, MARS) dan dilanjutkan dengan Paparan Wakil Dekan Bidang Akademik (Dr. A. Heri Iswanto, MARS) dan Wakil Rektor Bidang Akademik (Dr. Anter Venus, Drs, MA, Comm), yang dihadiri oleh Wakil Rektor Bidang Akademik, Dekan FIKES, Wakil Bidang Akademik, Wakil Bidang Umum dan Keuangan, Kabag Tata Usaha, Kassub Akademik, Kemahasiswaan dan Kerja Sama, Kassub Umum dan Keuangan, Dosen Fakultas Ilmu Kesehatan, Staf Fakultas Ilmu Kesehatan. 

34.jpg

Isi dari Rapat ini membahas tentang :

  1. PERJANJIAN KINERJA DEKAN DAN REKTOR TAHUN 2019
  • Ada beberapa hal yang penting sekitar dua minggu lalu Dekan sudah tanda tangan kontrak dengan Rektor maka kita punya kewajiban-kewajiban untuk melaksanakan kontrak tersebut yang terdiri dari Bidang I, Bidang II, Bidang III.
  • Cukup berat karena Visi Rektor baru adalah menjadikan UPN sebagai PTNBH.
  • Bagi dosen mohon waktunya jangan dihabiskan untuk mengajar saja melainkan juga untuk penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.
  • Peningkatan SDM dengan cepat. Bagi Jabfung yang belum terpenuhi segera dipenuhi dan bagi yang sudah waktunya untuk diajukan maka ajukan. Semoga dalam dua tiga tahun kedepan Lektor sudah banyak, Lektor Kepala sudah banyak.
  • SOP dari Bidang II di Rektorat bahwa semua diselesaikan dalam waktu 5 hari kerja.
  • Bu Rektor pesan bahwa pengajaran dilakukan oleh Dosen sesuai dengan Kompetensinya.
  • Per Prodi mohon dibuatkan peta riset dari masing-masing Prodi ataupun dalam Fakultas. Termasuk dalam skripsi bahwa diharuskan mencakup rencana yang akan diangkat oleh Prodi. Bahkan skripsi harus mengikuti perkembangan Industri 4.0.
  1. PERAN DAN FUNGSI DOSEN
  • Dosen memiliki 3 (tiga) tugas penting, yakni : Pembelajaran, Penelitian dan. Pengabdian Kepada Masyarakat.
  • Ada beberapa hal penting menjadi konsen kita di UPN untuk tahun ini dan kaitannya dengan Visi Bu Rektor salah satunya adalah Profesionalisme Pembelajaran. Profesional melakukan sesuatu dengan kompetensinya. Sikap Profesional pertama kita harus terus bersama-sama memperbaharui pembelajaran kita, Kita menghadapi era dimana pengetahuan menjadi cepat usang. Berusaha untuk selalu memperbaharui ilmu dengan pencarian-pencarian digital, dll. Hal pertama yang harus kita lakukan adalah mereedukasi diri dan belajar juga yang berkaitan dengan tugas kita sebagai dosen.
  • Setiap dosen harus mampu terbuka atas informasi/pengetahuan yang ada. Adapun yang perlu dilakukan oleh Dosen adalah :
  1. Membuka pemikiran diri sendiri.
  2. Aksesibilitas, pembelajaran tidak hanya ditempat. Harus mampu membuat mahasiswa tertarik terhadap meteri yang disampaikan oleh Dosen.
  3. Metode pembelajaran. Buatkan uraian metode yang digunakan dan bagaimana digunakan. Dibuat secara rinci. Universitas inginnya dalam setiap kelas ada pembelajaran yang berarti dalam setiap harinya.
  4. Aspek perencanaan.
  • Kumpulan RPS keseluruhan Dosen jangan sampai RPS tidak ada.
  • Dosen Pembimbing Akademik dimohon untuk turut berperan aktif memberitahu kepada mahasiswanya terkait dengan beasiswa yang ada.
  • Di ruang kelas berikan foto/gambar untuk ditunjukkan bela negara.
  • E-learning sudah menjadi bagian, mohon disesuaikan jadwalnya. E-learning akan di evaluasi pada semester depan. Siapa dosen yang menggunakan dan tidak. E-learning harus diperjelas pembelajaran Daring. Diharapkan adanya laporan RPS secara detail.
  • Untuk E-learning tetap perlu mengisi kehadiran sebanyak 14 kali tatap muka secara administratif. Kita yang harus mengatur seperti itu. Daftar hadir jangan lupa tetap diisi namun dijelaskan kegiatannya. Perkuliahan yang dianjurkan di dalam kelas 8 sampai dengan 10 kali. 4 sampai 6 kelas boleh diluar kelas. Target dari e learning membuat media pembelajaran dalam bentuk makalah, video, dll. Standarnya nanti dibuatkan.
  • Para Dosen di Fikes saat ini menggunakan Aplikasi Schoology. Mohon untuk paparan di Rektorat terkait keberuntukannya dan sejauh mana program tersebut sudah digunakan. Kalau memang sudah semua Prodi sudah menggunakan maka kami dari Rektorat tidak akan masuk ke Fikes untuk program kami. Karena sudah ada yang sudah digunakan dan lebih familiar.
  • Untuk memperkaya akses website mahasiswa diwajibkan untuk menjadi followers dalam setiap akun media social yang Universitas dan Fakultas miliki.
  • Rektorat sedang mengupayakan bekerja sama dengan platform yang dapat membantu dosen untuk mencegah plagiat dalam proses bimbingan skripsi.
  • Para dosen dimohon untuk mengikuti Penelitian skema ada 6 mohon untuk diajukan. Ada RDP, RPI, RUPS, RINOV, RINAS, RIKIN.
  • CPNS boleh mengajukan NIDN, Untuk CPNS yang sudah memiliki NIDN boleh ajukan sebagai ketua.
  1. JADWAL ISI KRS
  • Jadwal Pengisian KRS untuk Fikes di buka tanggal 8 Februari 2019 Pukul 00.01 dan akan di tutup tanggal 9 Februari 2019 Pukul 23.59 WIB.
  • Untuk itu dimohon kepada Para Pembimbing Akademik untuk mengingatkan kembali kepada mahasiswanya untuk segera mengisi KRS.
  1. KEPAKARAN DOSEN
  • Rekapitulasi Kepakaran dibuat dan dengan portofolio. Cantumkan berkas-berkas pendukungnya.
  • Kepakaran Dosen ada beberapa yang salah bahwa bukan sebagai pembicara namun bukti sertifikatnya. Jika ada MK yang tidak bisa diajarkan oleh dosen tetap bisa diajukan dosen tidak tetap dengan melampirkan bukti kepakaran berupa sertifikat. Ijazah bisa namun yang memiliki konsentrasi.
  • Bolehkah dosen mengundurkan diri dari mata kuliah yang dosen bersangkutan merasa kurang mampu terhadap MK tersebut. Kalau memang ada yang seperti itu langkah pertama membuat Rekognisi Pembelajaran Masa Lampau (RPL) dari Profesi. Terkait kompetensi yang ada. (penulis Esti Purwopriyati, Editor Devi Puspita Sari)
Informasi