• Pilih Bahasa :
  • indonesian
  • english

PENYULUHAN OLEH (HM-PSIK S1 KEPERAWATAN) TENTANG KESEHATAN SEKSUAL DAN REPRODUKSI

  • Terakhir diperbaharui : Kamis, 28 Pebruari 2019
  • Penulis : Devi Puspita Sari, S.Komp
  • Hits : 399

Fakultas Ilmu Kesehatan - Kegiatan “HIMPUNAN MAHASISWA PSIK UPNVJ PEDULI GENERASI BANGSA” merupakan kegiatan dalam bentuk penyuluhan kesehatan yang memiliki tema “Membentuk Generasi Muda yang Berkualitas” sebagai pengaplikasian Tri Dharma Perguruan Tinggi. Dalam kesempatan kali ini, penyuluhan dilaksanakan di SMPN 13 Depok yang berada di Krukut, Limo. Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 19 Februari 2019 dengan menghadirkan pembicara dari Duta Generasi Berencana (GenRe) yaitu Halimahtu Sadiah ( 2nd Runner Up Duta GenRe Indonesia 2017) dan Rinaldi Nur Ibrahim (3nd Runner Up Duta GenRe Jakarta Selatan 2018). GenRe ini merupakan salah satu program dari Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (Bkkbn). Kegiatan ini dihadiri oleh ibu Anis Budiyani selaku kepala sekolah SMPN 13 Depok , bapak Iswadi selaku wakil kepala sekolah beserta ibu Yosi Febriani selaku guru bimbingan penyuluhan(BP) dan bapak Ns. Chandra Tri Wahyudi, S.Kep, M.Kes yang mewakilkan ketua program studi S1 keperawatan yang tidak dapat menghadari acara. Dalam kegiatan ini terdapat 59 orang peserta dari target 70 orang peserta dari siswa/i kelas 1 dan kelas 2 serta Organisasi Intra Sekolah (OSIS).

54.jpg

Kegiatan dimulai dari pukul 08.00 WIB di ruangan kelas SMPN 13 Depok dengan diawali pembukaan oleh MC, lalu sambutan dari ketua pelaksana kegiatan, ketua program studi s1 keperawatan yang diwakilkan kepada bapak Chandra selaku dosen ilmu keperawatan, dan sambutan dari kepala sekolah ibu Anis Budiyani. Setelah itu diadakan pre-test sebagai tolak ukur seberapa banyak pengetahuan awal dari para peserta sebelum diberikan materi. Pre test ini merupakan soal-soal mengenai kesehatan reproduksi dan seksual yang dibuat oleh panitia dengan bentuk pilihan ganda yang nantinya akan diberikan kembali setelah pemberian materi (post-test).

Lalu dilanjutkan pemberian materi oleh pembicara yang berlangsung dengan baik dan lancar berkat antusiasme dari para siswa dan penyampaian materi yang menarik. Materi yang diberikan adalah mengenai pendidikan kesehatan reproduksi dan seksual. Selain itu, peserta dikenalkan terhadap rencana hidup yang baik, usia optimal menikah, tiga hal yang perlu dihindari dan bagaimana menjadi generasi muda yang berprestasi, berkualitas dan memiliki rencana masa depan yang baik.

Setelah pemberian materi diadakan tanya jawab. Pada kegiatan ini terdapat 1 orang penanya dan 1 orang yang memberanikan diri untuk meju kedepan danmenjawab pertanyaan yang diberikan oleh pembicara. Untuk pertanyaan yang diajukan oleh pembicara adalah mengenai kesimpulan atau garis besar dari materi yang sudah disampaikan. Lalu untuk pertanyaan dari peserta kepada pembicara adalah mengenai usia optimal dalam menuntut ilmu.

Setelah sesi tanya jawab berakhir, kegiatan selanjutnya adalah post-test. Post ini dilaksanakan guna mengetahui perbandingan dari hasil sebelum diberikan materi dan setelah diberikan materi. Selain itu sebagai evaluasi sejauh mana pemahaman peserta setelah diberikan materi. Secara keseluruhan peserta memahami dengan baik materi yang telah disampaikan.

55.jpg

Kegiatan inti terakhir dari acara ini adalah pembagian hadiah bagi peserta dan pemberian cinderamata untuk sekolah dan pembicara. Hadiah diberikan kepada 4 orang peserta yaitu 2 orang untuk pre-test terbaik, dan 2 orang lagi dari sesi tanya jawab. Hadiah diberikan oleh kepala sekolah dan pembicara. Lalu untuk pemberian cinderamata berupa sertifikat diberikan oleh ketua pelaksana dan ketua himpunan HM PSIK.

Acara ini berakhir dan ditutup oleh MC tepat pada pukul 11.00 WIB. Secara keseluruhan kegiatan ini berjalan dengan lancar dan tidak ada kendala yang signifikan, selama acara berlangsung peserta aktif dan memperhatikan dengan baik.

Kegiatan “PSIK PEDULI GENERASI BANGSA” dengan tema “Membentuk Generasi Muda yang Berkualitas” dilaksanakan pada tanggal 19 Februari 2019 di SMPN 13 Depok dari pukul 08.00 WIB sampai dengan 11.00 WIB. Kegiatan ini menghadirkan pembicara dari Duta Generasi Berencana (GenRe). Materi yang disampaikan mengenai kesehatan reproduksi dan seksual. Kegiatan ini terlaksana dengan baik dan lancar. Semoga kedepannya HM PSIK dapat melaksanakan kegiatan yang dapat bermanfaat dan membantu dalam membentuk generasi muda yang berkualitas dan memiliki rencana masa depan yang baik.

56.jpg

Informasi