• Pilih Bahasa :
  • indonesian
  • english

Mahasiswa Program Studi S1 Kesehatan Masyarakat Mambentuk Posyandu Remaja di Keluraham Cipayung

  • Terakhir diperbaharui : Selasa, 26 Pebruari 2019
  • Penulis : Devi Puspita Sari, S.Komp
  • Hits : 267

Fakultas Ilmu Kesehatan - Dalam Rangka Praktek Lapangan Mahasiswa Progran Studi S1 Kesehatan Masyarakat Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jakarta melaksanakan kegiatan Pengalaman Belajar Lapangan (PBL) 2 di Kelurahan Cipayung, Kota Depok. Kegiatan PBL ini dilaksanakan mulai tanggal 11 sampai 24 Februari 2019.

Dalam kegiatan PBL ini, setiap kelompok menginisiasi program unggulannya masing-masing. Kelompok 11 PBL 2 membentuk Posyandu Remaja di RW 07 Kelurahan Cipayung. Posyandu remaja ini merupakan posyandu remaja pertama yang ada di Kelurahan Cipayung. Posyandu remaja hadir ditengah masyarakat untuk meningkatkan kesadaran remaja dan masyarakat tentang pentingnya kesehatan remaja.

Sebagai langkah awal pembentukan posyandu remaja, pada sabtu (16/02/2019) diadakan Pelatihan Kader Posyandu Remaja di Aula Puskesmas Cipayung. Pada pelatihan ini hadir Kepala Puskesmas Cipayung, Drg. Kurnia Permitasari untuk memberikan sambutannya. Tema yang diangkat pada pelatihan ini adalah “Remaja Hebat Indonesia Sehat”, sesuai dengan tujuan utama dibentuknya Posyandu Remaja yaitu meningkatkan kesehatan remaja untuk mendukung keberhasilan Indonesia Sehat, khususnya remaja di kelurahan cipayung. Pada pelatihan ini, kader remaja dibekali ilmu tentang kesehatan remaja oleh pihak puskesmas dan mahasiswa kelompok 11 PBL 2.

50.jpg

Setelah diadakan pelatihan, minggu (17/02/2019) dilaksanakan kegiatan pertama posyandu remaja yaitu senam dan cek kesehatan gratis bagi seluruh warga RW 07, kegiatan ini juga sebagai ajang perkenalan dan promosi posyandu remaja agar seluruh remaja kelurahan cipayung khususnya RW 07 dapat bergabung dengan posyandu remaja.

Pada hari kamis (21/02/2019) diadakan peresmian posyandu remaja di Aula Kantor Kecamatan Cipayung oleh kepala puskesmas dan perwakilan pihak kelurahan cipayung dengan meriah dan disambut antusias oleh masyarakat. Dengan adanya Posyandu Remaja, diharapkan dapat meningkatkan kesehatan remaja dan membuka pikiran remaja serta semangat untuk menjadi generasi penerus bangsa yang lebih baik, karena remaja hebat untuk indonesia sehat.

49.jpg

Informasi