• Pilih Bahasa :
  • indonesian
  • english

Hadapi Revolusi Industri 4.0, Mahasiswa Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3’2015) Adakan Lomba dan Seminar Nasional K3

  • Terakhir diperbaharui : Selasa, 18 Desember 2018
  • Penulis : Devi Puspita Sari, S.Komp
  • Hits : 132

Depok, 19-20 November 2018 – Sebagai pemenuhan salah satu tugas mata kuliah Seminar Profesi, Mahasiswa S1 Kesehatan Masyarakat Peminatan K3 semester 7 mengadakan rangkaian acara lomba K3 nasional dan dilanjutkan dengan seminar nasional K3. Rangkaian kegiatan ini mengangkat tema “Implementasi K3 pada Pekerja Muda dalam Menghadapi Tantangan Revolusi Industri 4.0 dan Bonus Demografi 2030”.

Kegiatan ini diawali dengan diadakannya lomba esai dan poster K3 nasional pada Senin (19/11). Puluhan finalis terbaik yang berasal dari berbagai perguruan tinggi seperti USU, UPNVY, UI, UNSOED, UNPAD, UNSIL, ITS, UMJ, PEM Akamigas Cepu, UIN Raden Fatah Palembang, Universitas Jember, dan STIKES Indramayu hadir mempresentasikan karya mereka di Kampus II UPN Veteran Jakarta melalui lomba ini. Panitia berharap dapat menyediakan wadah bagi mahasiswa Indonesia untuk menyalurkan ide dan mampu meningkatkan kreativitas peserta, khususnya terkait K3 Pekerja Muda.

Tak berhenti pada lomba K3 nasional, sehari setelahnya pada Selasa (20/11) panitia mengadakan Seminar Nasional K3 di Gedung Graha Adhya Wicaksana, Pondok Labu. Konsep acara yang terdiri dari sesi panel dan talkshow interaktif, berhasil menghadirkan sekitar 450 orang peserta yang berasal lebih dari 5 provinsi di Indonesia. Seminar dibuka dengan pemaparan Keynote Speech oleh Drs.Herman Prakoso Hidayat, M.M (Direktur Pengawasan Norma K3 KEMENAKER). Sesi selanjutnya, sesi panel dihadiri oleh Abdul Hakim (National Project Coordinator ILO) dan Dr. Entos, DCN, S., MPMH (Kasubdit Pemberdayaan dan Gizi Masyarakat BAPPENAS) dimoderatori oleh Dyah Utari, S.Kep,NS,MKKK (Dosen K3 UPN Veteran Jakarta). Sedangkan sesi talkshow dihadiri oleh Ir.Amri AK,MM (Kepala Kesekretariatan DK3N) dan Subhan, ST. MPSDA (Senior Vice President HSE PT.Waskita Karya) dimoderatori oleh dr.Sofia Wardhani,MKKK (Dosen FIKES UPN Veteran Jakarta – Kedokteran Kerja Penyelaman & Hiperbarik).

Tujuan diadakannya seminar tersebut adalah untuk memperluas wawasan bagi mahasiswa K3 serta menjadi wadah bertukar ilmu dan pengalaman. Selain itu, tema tersebut dipilih agar calon-calon pekerja muda di Indonesia dapat mengambil peran dalam dunia K3 untuk menghadapi tantangan revolusi industry 4.0, dimana pekerja muda nantinya akan bersaing dengan robot maupun teknologi lainnya. Kedepan, panitia berharap setelah kegiatan seminar berlangsung, mahasiswa dan para praktisi menjadi  lebih siap untuk mengubah Indonesia menjadi lebih baik lagi. (ditulis olehIrna Anggun Fatiqa)

seminark3.jpg

Informasi

Newsletter

Daftar sekarang untuk menerima berita terkini, lowongan kerja, dan informasi lainnya.

Follow Us On

f