• Pilih Bahasa :
  • indonesian
  • english

Mahasiswa S1 Kesehatan Masyarakat Mengadakan Kegiatan yang bertema Capasity Building Project (CBP) 2018, Ajang Pelatihan Organisasi

  • Terakhir diperbaharui : Sabtu, 03 November 2018
  • Penulis : Devi Puspita Sari, S.Komp
  • Hits : 223

FIKES LIMO - Mahasiswa S1 Kesehatan Masyarakat Mengadakan Kegiatan dengan tema CBP adalah “Tanam Kebersamaan, Pupuk Persaudaraan, Tingkatkan Pengetahuan, Hasilkan Kesehatan Masyarakat yang Unggul dan Cemerlang yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Kesehatan Masyarakat (HMKM) dari Universitas Pembagunan Nasional “ Veteran” Jakarta (UPNVJ) diikuti oleh mahasiswa aktif kesehatan masyarakat angkatan 2017. Kegiatan ini bertempat di Serua, Green Village, Sawangan, Depok. Kegiatan yang dilaksanakan pada 20-21 Oktober 2018 lalu ini merupakan sarana pelatihan organisasi untuk mengawali pergantian kepengurusan HMKM. 

Melalui kegiatan ini, peserta diberikan materi tentang  pengendalian diri terhadap konflik antar individu, how to be a great peer educator, dan  how to get a master scholarship aboard. Beberapa materi diatas dibawakan oleh dosen UPNVJ dan kepala pengabdian masyarakat dari duta generasi berencana.   

Pada hari pertama, peserta dibagi menjadi lima belas kelompok yang didampingi oleh satu panitia. Kemudian kelompok inipun mengikuti rangkaian kegiatan yang sudah disusun yakni lomba cerdas cermat, outbond,  dan yel-yel. Pada lomba cerdas cermat, setiap kelompok diberikan pertanyaan tentang kesehatan masyarakat secara berebut.

Untuk outbond, setiap kelompok mengikuti beberapa perlombaan di luar ruangan dimana setiap permainan mempunyai nilai. Kelompok yang memperoleh nilai tertingggi adalah kelompok yang menang. Sedangkan untuk lomba yel-yel, setiap kelompok harus membuat yel-yel untuk melihat kekompakan dari masing-masing kelompok. Pemenang dipilih berdasarkan indikator-indikator tertentu yang sudah ditentukan oleh pihak juri.

Pada hari kedua, terdapat rangkaian kegiatan pengabdian masyarakat. Pada rangkaian kegiatan ini, setiap kelompok memberikan penyuluhan tentang video kesehatan yang sudah dibuat sebelum kegiatan CBP 2018 kepada masyarakat sekitar lokasi kegiatan CBP 2018 (Serua Green Village, Sawangan, Depok). Kegiatan pengabdian masyarakat berpaku pada tri dharma perguruan tinggi tentang pengabdian masyarakat, selanjutnya mahasiswa akan dituntun untuk turun langsung ke masyarakat dan mengimplementasikan hal yang sudah dapatkan terkait pengabdian masyarakat.  Hal tersebut sangatlah penting sebagai persiapan mahasiswa untuk terjun langsung ke masyarakat sebagai ahli kesehatan masyarakat nantinya.

cbp1.jpg

Informasi

Newsletter

Daftar sekarang untuk menerima berita terkini, lowongan kerja, dan informasi lainnya.

Follow Us On

f