• Pilih Bahasa :
  • indonesian
  • english

Seminar Nasional HMKM “Optimalisasi Partisipasi Masyarakat dalam Mitigasi dan Tanggap Bencana sebagai Wujud Nyata Bela Negara”

  • Terakhir diperbaharui : Rabu, 03 Oktober 2018
  • Penulis : Devi Puspita Sari, S.Komp
  • Hits : 62

FIKES - Kegiatan Seminar Nasional Himpunan Mahasiswa Kesehatan Masyarakat dengan tema “Optimalisasi Partisipasi Masyarakat dalam Mitigasi dan Tanggap Bencana sebagai Wujud Nyata Bela Negara” berlangsung selama satu hari. Kegiatan Seminar Nasional ke-dua yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Kesehatan Masyarakat (HMKM) ini diadakan untuk meningkatkan pengetahuan peserta Seminar Nasional terkait Mitigasi dan Tanggap Bencana serta dapat mengaplikasikan pada kehidupan sehari-hari. Kegiatan Seminar Nasional Himpunan Mahasiswa Kesehatan Masyarakat diadakan di Auditorium Graha Makarti Bhakti Nagari Kampus LAN Jl. Administrasi II Pejompongan Jakarta Pusat. Konsep kegiatan ini hanya berfokus pada seminar.

12.jpg

Kegiatan Seminar Nasional Himpunan Mahasiswa Kesehatan Masyarakat dimulai dengan pembukaan yang dilanjutkan dengan pembacaan doa yang dikhususkan kepada Sadara/i kita yang ada di Lombok di pandu oleh MC. Setelah itu menyanyikan Lagu Indonesia Raya dan Mars Bela Negara dengan Dirijen dari Mahasiwa Kesehatan Masyarakat UPN “Veteran” Jakarta. Selanjutnya menampilkan video Safety Talk yang dibawakan oleh Mahasiswa peminatan K3 S1 Kesehatan Masyarakat UPN “Veteran” Jakarta. Kemudian sambutan-sambutan dari Ketua Pelaksana, ketua Himpunan Mahasiswa Kesehatan Masyarakat dan dari Dekan Fakultas Ilmu Kesehatan. Setelah sambutan selesai, acara dibuka secara langsung oleh kepala Program Studi S1 Kesehatan Masyarakat dan oleh Dekan Fakultas Ilmu Kesehatan.

Acara selanjutnya yaitu pemaparan materi dari Muhammad Ikhsan Amar, M. Kes. selaku Dosen Fikes UPN “Veteran” Jakarta yang telah berpartisipasi langsung di Lombok. Kemudian acara di ambil alih oleh MC untuk membacakan sponsor dan Media Partner yang terlibat dalam acara Seminar Nasional HMKM ini serta memberikan informasi terkait Foto Kontes. Selanjutnya Opening Dance penampilan dari Ratu Jaroh Show Mahasiswa Kesehatan Masyarakat UPN “Veteran” Jakarta.

13.jpg

Selanjutnya Keynote Speaker oleh Kepala Pusat Krisis Kesehatan Kementrian Kesehatan yaitu Dr. Achmad Yurianto yang berlangsung selama 18 menit, setelah itu pemberian plakat oleh Dekan Fakultas Ilmu Kesehatan dan foto bersama. Kemudian acara di ambil alih oleh MC.

14.jpg

MC membacakan CV moderator kemudian memanggil Ibu Fandita Tonyka Maharani, SKM., M.Sc., M.KKK. selaku moderator untuk membimbing dan memediasi acara seminar.

Pembukaan moderator oleh Ibu Fandita Tonyka Maharani yaitu pembacaan CV Bapak Agus Haryono, S. S., M.BA. Kepala Sub Direktorat Pengerahan Potensi dan Pengendalian Operasi Badan Nasional Penanggulangan Bencana selaku pembicara I dilanjut dengan pemaparan materi kepada para peserta seminar dengan sub tema “Strategi Mitigasi Bencana dalam Mengurangi Risiko Bencana Gempa Bumi di Indonesia” . Setelah pemaparan materi selesai oleh pembicara I, selanjutnya disambung dengan sesi tanya jawab. Setelah itu pemberian plakat oleh Ketua Program Studi S1 Kesehatan Masyarakat UPN “Veteran” Jakarta kepada pembicara 1 dan foto bersama.

15.jpg

Moderator mengambil alih kembali untuk pembicara II dengan membuka sesi II seminar yaitu di awali dengan pembacaan CV Bapak Johny Sumbung, SKM., M.Kes. Kepala Sub Direktorat Bantuan Kesehatan dan Air Bersih dari Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan selaku pembicara II dilanjutkan dengan pemaparan materi kepada para peserta seminar dengan sub tema “Membangun Sinergisme dalam Tanggap Bencana Gempa Bumi di Indonesia Guna Meningkatkan Kinerja Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan”. Setelah pemaparan materi selesai oleh pembicara II, selanjutnya disambung dengan sesi tanya jawab. Setelah itu pemberian plakat oleh Ketua Himpunan Mahasiswa Kesehatan Masyarakat UPN “Veteran” Jakarta kepada pembicara II dan foto bersama.

16.jpg

Setelah sesi foto bersama selesai, moderator mengambil alih kembali dan membacakan CV Bapak Dr. Mondastri Korib Sudaryo, MS., DSc. Pakar Epidemiologi Bencana selaku pembicara III dilanjutkan dengan pemaparan materi kepada peserta seminar dengan sub tema “Peran Tenaga Kesehatan Masyarakat dalam Upaya Mitigasi dan Tanggap Bencana Gempa Bumi di Indonesia Melalui Pemanfaatan Hasil Riset Terkini”. Setelah pemaparan materi selesai oleh pembicara III, selanjutnya disambung dengan sesi tanya jawab. Setelah itu pemberian plakat oleh Ketua Pelaksana Seminar Nasional Himpunan Mahasiswa Kesehatan Masyarakat UPN “Veteran” Jakarta kepada pembicara III dan foto bersama.

17.jpg

Setelah semua sesi pemaparan materi selesai, moderator pamit undur diri dan acara di ambil alih oleh MC. Kemudian acara selanjutnya pembagian doorprize dengan kategori peserta yang dapat menyimpulkan isi dari seminar yang telah disampaikan oleh pemateri I, II, dan III, pengambilan nomor peserta secara random menggunakan aplikasi google, dan peserta yang mengikuti foto kontes dengan caption terbaik dan like terbanyak.

Setelah rangkaian acara secara keseluruhan telah selesai dilewati, MC menutup acara Seminar Nasional Himpunan Mahasiswa Kesehatan Masyarakat dan pamit undur diri. Kemudian ada Closing Performance dari mahasiswa aktif Kesehatan Masyarakat UPN “Veteran” Jakarta yaitu Mila Karina Ario dan Salshabila Nadya menyanyikan lagu Rayuan Pulau Kelapa. Peserta meninggalkan auditorium kemudian mengambil sertifikat dan konsumsi di meja registrasi.

14.jpg

Informasi

Newsletter

Daftar sekarang untuk menerima berita terkini, lowongan kerja, dan informasi lainnya.

Follow Us On

f