• Pilih Bahasa :
  • indonesian
  • english

Mahasiswa S1 Keperawatan Melakukan Kegiatan Pelatihan Bantuan Hidup Dasar (BHD) dan mengadakan Lomba BHD kepada Kader-kader di Kelurahan Limo

  • Terakhir diperbaharui : Selasa, 30 Oktober 2018
  • Penulis : Devi Puspita Sari, S.Komp
  • Hits : 39

PELATIHAN : Fakultas Ilmu Kesehatan (FIKES) Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta (UPNVJ) Mahasiswa S1 Keperawatan telah Melaksanakan Kegiatan Mengevaluasi Pelatihan Bantuan Hidup Dasar (BHD) dan mengadakan Lomba BHD kepada Kader-kader di Kelurahan Limo.

6.jpg

FIKES Limo - Para Dosen Keperawatan Medikal Bedah Fakultas Ilmu Kesehatan (FIKES) Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta (UPNVJ) mengadakan lomba ‘Bantuan Hidup Dasar’ (BHD) untuk kader Kelurahan Limo. Sebelumnya lomba ini merupakan rangkaian kegiatan pelatihan BHD yang dilakukan selama empat kali pertemuan yaitu pada tanggal 29 September 2018 sampai dengan tanggal 20 Oktober.

“Hari ini (27/10) kami selaku Dosen Keperawatan akan mengadakan lomba tentang pelatihan yang sudah kami berikan kepada Ibu-ibu selama satu bulan yang dilakukan setiap pekan. Disini kami akan melihat progres dari pelatihan yang kami berikan. Saya dan Ibu Wiwin selaku juri akan menilai masing-masing tim” kata dosen Keperawatan Ns. Chandra.

Lomba BHD ini diikuti oleh tiga tim yang masing-masing tim terdiri dari empat orang. Antusiasme dan semangat para peserta dalam perlombaan BHD ini sangat terasa karena sebelumnya mereka berlatih yang dibantu oleh mahasiswa/i S1 Keperawatan sehingga pada saat lomba mereka sudah memahami konsep dalam BHD. Secara keseluruhan peserta yang berasal dari kader RT 03 dan RT 04 Kelurahan Limo ini sudah cukup baik dalam melakukan kompresi sehingga jumlah nilai yang diperoleh hanya berbeda sedikit saja dari masing-masing tim.

“Saya sangat senang dan mengapresiasi semangat Ibu-ibu kader dalam melakukan BHD ini karena saya melihat kedalaman, tempo dan kekuatan Ibu-ibu ini saat melakukan kompres (RJP) sangat luar biasa. Saya berharap kegiatan ini dapat bermanfaat untuk Ibu-ibu semua dan para kader disini dapat mengajarkan kepada masyarakat sekitar atau kader di lingkungan RT. Jangan sungkan untuk mengundang kami jika Ibu-ibu kader ingin mengadakan pelatihan mengenai BHD ini” papar Ns. Wiwin Winarti selaku dosen Keperawatan Medikal Bedah.

5.jpg

Sementara itu para Ibu-ibu kader RT 03 dan RT 04 sangat berterimakasih kepada FIKES UPNVJ yang telah memberikan pelatihan ini. “Kesan saya selama mengikuti kegiatan pelatihan ini yaitu saya tidak menyangka bisa melakukan kompresi, awalnya saya merasa tidak bisa melakukan karena faktor umur dan kekuatan saya yang terbatas namun ternyata setelah melakukan kedua kalinya ternyata saya bisa” tutur Marni.

7.jpg

Tim pelaksana Dosen Keperawatan Medikal Bedah FIKES UPNVJ yang terlibat diantaranya, Ns. Santi Herlina, S. Kep, M.Kep, Sp.KMB , Ns. Wiwin Winarti, S.Kep,M.Epid, M.N dan dosen Keperawatan Komunitas Ns. Chandra Tri Wayudi, S.Kep, M.Kes. Selain itu juga dibantu oleh Mahasiswa/I S1 Keperawatan.

4.jpg

Informasi

Newsletter

Daftar sekarang untuk menerima berita terkini, lowongan kerja, dan informasi lainnya.

Follow Us On

f