• Pilih Bahasa :
  • indonesian
  • english

Seminar & Workshop Manajemen Bronkopneumonia Dengan Ancaman Gagal Nafas Pada Anak

  • Terakhir diperbaharui : Kamis, 13 September 2018
  • Penulis : Devi Puspita Sari, S.Komp
  • Hits : 129

Depok 12 September 2018 , Mahasiswa Program Profesi Ners padahari Sabtu tanggal 28 Juli 2018 mulai pukul 08.00 sd 15.00 WIB mengadakan “Seminar & Workshop Manajemen Bronkopneumonia Dengan Ancaman Gagal Nafas Pada Anak”, Acara dilaksanakan di Auditorium Bhineka Tunggal Ika Gedung Jendral Soedirman Lantai 4 UPN “Veteran” Jakarta.

LatarBelakang Pelaksanaan            

Kami Mahasiswa/i Profesi Ners Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jakarta sebagai wadah untukmenjadi tenaga kesehatan yang berperan dalam melakukan pencegahan terhadap pemicu masalah kesehatan dan sebagai agent pembaharu, membuka kesempatan kepada masyarakat luas termasuk mahasiswa/i keperawatan serta rekan sejawat yang berada didalamnya untuk menerapkan perawatan dan manajemen bronkopneumonia untuk mencegah terjadinya efek lebih lanjut berupa ancaman gagal nafas pada anak dengan bronkopneumonia. Total keseuluruhan peserta pada acara seminar keperawatan dengan tema “Seminar & Workshop Manajemen Bronkopneumonia Dengan Ancaman Gagal Nafas Pada Anak” ini berjumlah 67 peserta yang terdiri dari peserta umum, perawat, dan mahasiswa/ikeperawatan. Acara“Seminar & Workshop Manajemen Bronkopneumonia Dengan Ancaman Gagal Nafas Pada Anak” dimulaipukul 08.00 pagi,diawalidenganregistrasipesertadanpembagian snack pagidenganjumlahsebanyak 67 peserta. Kegiatan ini diawali dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya, Mars Bela Negara, dan Mars PPNI yang dinyanyikan oleh seluruh peserta, pembicara danpanitia acara yang dipandu oleh MC, serta dilanjutkan dengan penampilan Tari Daerah dari STVJ. Selanjutnya pukul 09.30 memasuki acara ini yaitu pembawaan materi oleh tiga pembicaara yang dipanduoleh MC dan moderator acara.

Materi pertama yaitu “Penatalaksanaan Tanda dan Gejala Kritis pada Anak/Bayi dengan Bronkopneumonia” yang disampaikan oleh Ns. Nyimas Heny Purwati, M.Kep., Sp.Kep.An selama 45 menit. Pembawaan materike dua yaitu “Manajemen Jalan Nafas pada Anak/Bayi dengan Bronkopneumonia dengan Ancaman Gagal Nafas” disampaikan oleh Ns. Ana Rizana, M.Kep, Sp.Kep.An mulaipukul 09.35 hingga pukul 10.20. materi ketigadengan tema “Evidence Base Nursing (EBN) Ancaman Gagal Nafas pada Anak/Bayi” disampai kanoleh Ns. Rokhaida, M.Kep, Sp.Kep.An selama 45 menit. Selama berjalannya pembawaan materi oleh masing-masing pembicara, peserta memperhatikan penyampaian materi denganbaik. Setalah pemberian 3 materi seminar oleh masing-masing pembicara, dibuka sesi tanyajawab dari peserta untuk pembicara yang dipandu oleh moderator, dimana terdapat lima pertanyaan yang diberikan oleh peserta dan dijawab oleh pembicara dengan baik.

Selesai dilakukannya sesi tanya jawab, peserta diberikan waktu ISHOMA (istirahat, sholat dan makan siang) selama satu jam, panitia membagikan makan siang kepada seluruh peserta. Setelah istirahat, acara kembali dilanjutkan pukul 13.00 dengan kegiatan workshop mengenai “Penatalaksanaan Gagal Nafas padaAnak/Bayi dengan Skill Resusitasi Jantung Paru (RJP)” yang dibawakan oleh Ns. Herlina, M.Kep, Sp.Kep.An dibantu oleh Ns. Rokhaida, M.Kep, Sp.Kep.An. Peserta juga dilibatkan dalam kegiatan workshop ini sehingga peserta mampu memahami cara-cara yang telah diajarkan dalam melakukan resusitasi jantung paru pada anak danbayi. Kegiatan seminar dan workshop berjalan dengan baik sehingga selesai pukul 15.00 WIB.

Kesimpulan dari kegiatan ini adalah Berdasarkan uraian diatas mengenai acara“Seminar & Workshop Manajemen Bronkopneumonia Dengan Ancaman Gagal Nafas Pada Anak ” padahari Sabtu, 28 Juli 2018 mulai pukul 08.00 -15.00 WIB, dapat dsimpulkan bahwa acara berjalan lancar dengan jumlah pesertasebanyak 67, serta waktu pelaksanaan acara yang tepat waktu dan tidak mengalami keterlambatan. Pembicara menyampaikan materi seminar dan workshop yang sesuai dengan tema dan jadwal tanpa adanya suatu hambatan serta seluruh panitia bekerja berdasarkan tugas yang telah diberikan olehmasing-masing divisi.

Seminar_Profesi_Ners.jpg

seminartimprofesi.jpg

Informasi

Newsletter

Daftar sekarang untuk menerima berita terkini, lowongan kerja, dan informasi lainnya.

Follow Us On

f