• Pilih Bahasa :
  • indonesian
  • english

PRAKTEK KOMUNITAS MHS S1 KEPERAWATAN

  • Terakhir diperbaharui : Selasa, 07 Agustus 2018
  • Penulis : Devi Puspita Sari, S.Komp
  • Hits : 51

Pendidikan Kesehatan Tentang Diare

Depok. Kamis, 19 Juli 2018 tempat Posyandu Kenari, mahasiswa S1 Keperawatan didamping para dosen pembimbing yaitu Ns. Diah Ratnawati, S.Kep, M.Kep, Sp.Kep.Kom, Ns. Sang Ayu Made Adyani, S.Kep, M.Kep, Sp.Kep.Kom, Ns. ChandraTri Wahyudi, S.Kep, M.Kes yang dihadiri oleh 13 peserta dari Kelurahan Meruyung yaitu ibu dan balita.

Berdasarkan hasil pengkajian pada tanggal 14 juli 2018 sampai dengan 16 Juli 2018 didapatkan dua masalah utama pada anak balita yaitu masalah ispa dan diare. Menindaklanjuti permasalahan diare pada anak balita tersebut maka mahasiswa/i UPN “Veteran” berinisiatif membantu masyarakat dalam mengatasi masalah diare pada anak balita dengan menyelenggarakan penyuluhan kesehatan tentang diare untuk orang tua dengan anak balita dengan memberikan pengetahuan tentang pengertian, penyebeb, tanda gejala, pencegahan, dan pengobatan tradisional untuk masalah diare. Mahasiswa/i UPN ‘Veteran” juga berinisiatif untuk menyelenggarakan demonstrasi pijat bayi dan pembuatan larutan oralit.

Pelaksanaan kegiatan penyuluhan kepada ibu dengan balita di RW 06 Kelurahan Meruyung melibatkan ibu dengan balita secara langsung yang mana mahasiswa selaku pemberi informasi kepada warga mengenai diare (pengertian, penyebeb, tanda gejala, pencegahan, dan pengobatan tradisional). Kegiatan ini dapat berlangsung dengan adanya kerjasama antara mahasiswa dengan ketua RW, RT, dan kader posyandu.

Dari kegiatan penyuluhan di RW 06 kelompok balita dapat disimpulkan bahwa ibu-ibu dengan balita di RW 06 Kelurahan Meruyung dapat menyebutkan pengertian, tanda gejala, pencegahan.

1.jpg

Demonstrasi Pembuatan Larutan Gula Garam

Berdasarkan hasil pengkajian pada tanggal 14 Juli 2018 sampai dengan 16 Juli 2018 didapatkan dua masalah utama pada anak balita yaitu masalah diare dan ISPA. Menindaklanjuti permasalahan diare pada anak balita tersebut maka mahasiswa/i UPN “Veteran” berinisiatif membantu masyarakat dalam mengatasi masalah diare pada anak balita dengan menyelenggarakan demonstrasi pembuatan larutanoralit.

Pelaksanaan kegiatan demonstrasi kepada ibu dengan balita di RW 06 Kelurahan Meruyung melibatkan ibu dengan balita secara langsung yang mana mahasiswa selaku pemberi informasi kepada warga mengenai cara pembuatan larutan oralit untuk menangani diare.Kegiatan ini dapat berlangsung dengan adanya kerja sama antara mahasiswa dengan ketua RW, RT, dan kader posyandu.

Dari kegiatan demonstrasi di RW 06 kelompok balita dapat disimpulkan bahwa ibu-ibu dengan balita di RW 06 Kelurahan Meruyung dapat mendemonstrasikan pembuatan larutan oralit untuk menangani masalah diare.

2.jpg

Informasi

Newsletter

Daftar sekarang untuk menerima berita terkini, lowongan kerja, dan informasi lainnya.

Follow Us On

f