• Pilih Bahasa :
  • indonesian
  • english

Makanan dan Minuman yang Merusak Kesehatan

  • Terakhir diperbaharui : Senin, 18 September 2017
  • Penulis : Devi Puspita Sari, S.Komp
  • Hits : 94
Portal Gizi -- Ada beberapa makanan dan minuman yang perlu kita hindari. Makanan dan minuman ini dapat membahayakan dan merusak kesehatan tubuh manusia. Berikut jenis makanan dan minuman yang merusak kesehatan;
 
  • MINUMAN KOPI
Kecendrungan gaya masyarakat sekarang adalah berkumpul. Berkumpul membicarakan terkait berbagai hal. Disela kumpul tersebut salalu ditemani dengan minuman kopi panas. Ingat, kopi mengandung kafein yang dimana ini merupakan zat perangsang yang akan meningkatkan tekanan darah, sehingga anda dapat merasa gundah dan tidak tenang. Kopi mengandung zat perangsang yang dapat memaksa kerja andrenal yang pada akhirnya menyebabkan kelelahan. Selain itu kopi juga dapat menyebabkan penuaan jaringan pada kulit, mengurangi daya serap zat besi yang menjadi Hb dan pada akhirnya mengurangi fungsi kekebalan tubuh manusia. Kebiasaan mengonsumsi kopi perlu dikurangi, sulit memang namun kesehatan lebih utama dibandingkan gaya hidup.
 
  • MAKANAN BERLEMAK
Terlalu banyak mengonsumsi makanan berlemak seperti gorengan, junk food, produk susu tinggi lemak, dan daging merah dapat menyumbat pembuluh darah, menipiskan kadar kalsium, serta menganggu fungsi jantung dan organ penting lainnya. Selain itu sel tubuh kita juga membesar yang berujung pada mudahnya mengalami obesitas.
 
  • MAKANAN MANIS
Konsumsi makanan yang mengandung gula tinggi seperti gula olahan, sirup, pemanis buatan yang terkandung dalam soft drink, dan cokelat manis dapat menyebabkan peningkatan gula darah, kurangnya daya tahan tubuh terhadap infeksi, menganggu fungsi hati pancreas dan saluran pencernaan. Banyak cara agar kita tidak mengalami kekurangan rasa manis dalam makanan dan menyehatkan yaitu cobalah gunakan pemanis alami seperti madu, sarikurma dan buah segar.
 
  • ALKOHOL
Ingat, ini perlu diperhatikan. Alkohol dapat membahayakan saluran pencernaan dan hati. HATI dapat merubah alcohol menjadi asetildehid, SEJENIS RACUN FORMALDEHID yang digunakan sebagai bahan pengawet. Mengonsumsi alcohol dapat menyebabkan gangguan funggsi hati , gangguan sel dan jaringan tubuh serta ketidakstabilan gula darah.
Sahabat pembaca sekalian, bijaklah dalam menjalankan hidup kita. Sayangi hidup kita dengan berusaha sekuat tenaga dalam menghindari makanan dan minuman yang dapat membahayakan kesehatan tubuh.
Oleh Taufik Maryusman, S.Gz, M.Gizi, M.Pd
Informasi

Newsletter

Daftar sekarang untuk menerima berita terkini, lowongan kerja, dan informasi lainnya.

Follow Us On

f