• Pilih Bahasa :
  • indonesian
  • english

Pendidikan Kader Pemimpin Muda Nasional (PKPMN) Kementrian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia

  • Terakhir diperbaharui : Kamis, 17 Desember 2020
  • Penulis : Devi Puspita Sari, S.Komp
  • Hits : 2007

FIKES UPNVJ - Pada bulan November sampai Desember 2020 telah berlangsung kegiatan Pendidikan Kader Pemimpin Muda Nasional (PKPMN) yang dilaksanakan oleh Kementrian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia. Pelaksanaan kegiatan PKPMN 2020 ini di mulai dari tanggal 30 November hingga 14 Desember 2020 secara daring dan luring. Kegiatan ini diikuti oleh peserta terpilih yang telah melewati berbagai tahapan seleksi ketat dari tim ahli Kemenpora RI yang awalnya terdiri dari 3373 pendaftar yang berasal dari seluruh pemuda di Indonesia. Sampai akhirnya, terpilih 60 peserta terbaik yang berhak mengikuti kegiatan Pendidikan Kader Pemimpin Muda Nasional (PKPMN) tahun 2020. Peserta yang terpilih terdiri dari Pimpinan Organisasi Mahasiswa, Pimpinan Organisasi Kepemudaan (OKP), Pimpinan Kelompok Minat dan Bakat yang terdiri dari Relawan Anti Narkoba, Lembaga Kesenian, Keilmuan dan Penalaran Ilmiah, Bahasa dan Sastra, serta Kelompok Strategis lainnya seperti Wirausaha Muda, Influencer, Peneliti, dan Penulis.

menpora.jpg 

Pada kesempatan tersebut, salah satu mahasiswa Fakultas Ilmu Kesehatan UPN Veteran Jakarta yang merupakan ketua Himpunan Mahasiswa Program Studi Ilmu Keperawatan (HMPSIK) ikut berpartisipasi pada agenda PKPMN tersebut. Nama mahasiswa tersebut adalah Muhamad Alfian yang saat ini sedang menempuh pendidikan semester tujuh pada jurusan S1 Keperawatan FIKES UPN Veteran Jakarta. Alfian berhasil melewati semua rangkaian seleksi yang terdiri dari seleksi administrasi, presentasi esai, dan wawancara, sampai akhirnya berhasil lolos menjadi peserta Pendidikan Kader Pemimpin Muda (PKPMN) Kemenpora RI tahun 2020.

kemenpora2.jpg

Para peserta Pendidikan Kader Pemimpin Muda Nasional (PKPMN) tahun 2020 menerima berbagai materi pokok seperti Penguatan Kolaboratif, Kepemimpinan, Kewirausahaan, Ketahanan Nasional, dan Isu-Isu Strategis lainnya. Peserta menerima ilmu dari para narasumber yang melibatkan DPR/MPR RI, Kementerian Pemuda dan Olahraga, KPK, BNPT, BNN, Kemenkopolhukam, Kementerian Pertahanan, Dewan Ketahanan Nasional, Badan Pembinaan Idiologi Pancasila (BPIP), Akademisi, dan Praktisi.

Kempora1.jpg

Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Kemenpora RI) menganggap pemuda sebagai agen perubahan bangsa. Karenanya, melalui program Pendidikan Kader Pemimpin Muda Nasional (PKPMN) Angkatan I/2020 ini diharapkan bisa menjadi jangkar meneguhkan kohesi nasional di tengah keragaman bangsa. Sesuai dengan yang disampaikan oleh bapak Deputi Pengembangan Pemuda Asrorun Ni'am Sholeh pada saat memberikan sambutan pada hari pertama luring di Auditorium Wisma Menpora, Senayan, Jakarta yaitu "Sebagai agen perubahan, pemuda harus banyak membangun kolaborasi dan networking, kreatifitas, inovasi, kepeloporan, daya nalar yang kritis dan fisik yang kuat”.

Kemenpora.jpg

Peserta yang mengikuti kegiatan dengan baik sampai akhir mendapatkan sertifikat kelulusan dari Kementrian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia beserta indikator penilaian yang tercantum didalamnya. Hal ini sebagai bukti bahwa peserta telah berhasil memahmi dan mengikuti kegiatan serta memenuhi kriteria penialaian yang sudah ditentukan sebelumnya.

Muhamad_Alfian_PKPMN_Kemenpora.jpg

Informasi