• Pilih Bahasa :
  • indonesian
  • english

Praktek Belajar Lapangan 3 Mahasiswa Kesehatan Masyarakat Peminatan Epidemiologi

  • Terakhir diperbaharui : Kamis, 05 September 2019
  • Penulis : Devi Puspita Sari, S.Komp
  • Hits : 183

Fakultas Ilmu Kesehatan - Praktek Belajar Lapangan 3 Mahasiswa Kesehatan Masyarakat  Peminatan Epidemiologi yang dilakukan di Dirjen Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Kementerian Kesehatan RI . Mahasiswa Magang mengerjakan pendataan surveilans hepatitis dengan menginput data dari fasilitas pelayanan kesehatan. Pendataan surveilans hepatitis diperlukan sebagai perencanaan program hepatitisberdasarkan evidance based. Kegiatan PBL 3 dilakukan pada tanggal 29 Juli – 26 Agustus 2019 di KementrianKesehatan, Dirjen P2P, Direktorat P2PML, Subdit Hepatitis dan Penyakit Infkesi Saluran Pencernaan.

1.jpg

Novaditya Putri – Epidemiologi Biostatistik, Tempat: Direktorat P2PM, Subdit HIV/AIDS, Kementerian Kesehatan

Mahasiswa magang mengikuti rapat koordinasi internal Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit yang dihadiri oleh perwakilan dari Direktorat Pencegahan dan Pengednalian Penyakit Menular Langsung, Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Tidak Menular, Penyakit Tular Vektor dan Zoonotik, Kesehatan Jiwa dan Napza, serta Surveilans dan Karantina kesehatan. Pertemuan ini membahas mengenai Training bagi tenaga kesehatan didaerah harus terakreditasi dan tenaga kesehatan yang tersertifikasi dalam pemenuhan mutu sumber daya manusia.

2.jpg

Pertemuan Nasional yang diselenggarakan oleh Kementerian Kesehatan dan Global Fund Pertemuan Nasional Program Pencegahan dan Pengendalian Penyakit AIDS, Tuberkulosis, dan Malaria di Golden Boutique Hotel Kemayoran. AcaratersebutdihadiriolehKabid P2P di Dinkes Provinsi, WHO dan Global  Fund, dan Perwakilan Dokter PDP di seluruh provinsi di Indonesia. Pertemuan tersebut membahas mengenai tren kecenderungan HIV/AIDS, Tuberkulosis, dan Malaria, 3 daerah terbaik dalam eliminasi Tuberkulosis-HIV/AIDS, pemaparan kegiatan LSM bidang HIV/AIDS, serta Financing Program. Output dari kegiatan tersebut yaitu nota kesepakatan Akselerasi Pengobatan ARV pada ODHA.

3.jpg

Siti Nurina Fildzah H.G - Epidemiologi Biostatistik :  Tempat: Direktorat P2PM, Subdit Tuberkulosis, Kementerian Kesehatan

4.jpg

Mahasiswa mengikutirapat koordinasi yang diadakan oleh Subdi rektorat Tuberkulosis dengan dihadiri oleh Tim Monitoring Evaluasi dari Subdi rektorat Tuberkulosis, WHO, dan pihak Antavaya. Rapat ini membahas mengenai sosialisasi sistem pelaporan tuberkulsis terbaru yang dicetuskan oleh Subdirektorat Tuberkulosis di Medan pada Bulan Agustus 2019 dengan sasaran peserta dari perwakilan pihak fasilitas pelayanan kesehatan, Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota, dan dinas Provinsi.

Betari Noverika – Epidemiologi Biostatistik,  Tempat: Direktorat P2PTM, Subdit Penyakit Kanker & Kelainan Darah

5.jpg

Dalam kegiatan PBL 3, mahasiswa peserta magang mendapatkan beberapa pengalaman dan pengetahuan baru terkait bidang kesehatan masyarakat salah satunya adalah pengetahuan tentang aplikasi Surveilans yang dimiliki oleh Direktorat P2PTM yaitu SIPTM (Sistem Informasi Penyakit Tidak Menular). Mahasiswa magang juga berkesempatan untuk melihat secara langsung proses pembuatan media KIE Direktorat P2PTM.

6.jpg

Selain melakukan kegiatan di kantor, mahasiswa juga berkesempatan mengikuti salah satu acara yang dilaksanakan oleh Subdirekotrat Penyakit Kanker dan Kelainan Darah bekerjasama dengan WHO dan KPKN (Komite Penanggulangan Kanker Nasional) yang dilaksanakan di JW Marriott Hotel, Jakarta. Kegiatan ini berupa “Diskusi Terbuka Penanggulangan Penyakit Kanker di Indonesia” yang dihadiri oleh Menteri Kesehatan, Kementerian Lembaga, Organisasi Profesi, serta Organisasi lain yang bergerak di bidang Kanker.

Informasi

Newsletter

Daftar sekarang untuk menerima berita terkini, lowongan kerja, dan informasi lainnya.

Follow Us On

f