• Pilih Bahasa :
  • indonesian
  • english

PRAKTEK KOMUNITAS MHSS1 Keperawatan

  • Terakhir diperbaharui : Selasa, 07 Agustus 2018
  • Penulis : Devi Puspita Sari, S.Komp
  • Hits : 110

Pemeriksaan Tekanan Darah Dan Pemeriksaan Kadar Asam Urat

Depok, pada hari Sabtu, 21 Juli 2018 dan  Rabu, 25 Juli 2018

Berdasarkan hasil pengkajian pada tanggal 14 Juli 2018 sampai dengan 16 Juli 2018 didapatkan dua masalah umum  pada lansia yaitu masalah hipertensi dan asam urat, dari hasil Musyawarah Masyarakat Kelurahan (MMK) 2 telah ditentukan yang menjadi masalah utama pada agregat lansia di RW 06 Kelurahan Meruyung yaitu masalah hipertensi dan asam urat. Menindaklanjuti permasalahan hipertensi dan asam urat pada lansia tersebut maka mahasiswa/i Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jakarta berinisiatif membantu masyarakat dalam mengatasi masalah hipertensi dan asam urat pada lansia dengan menyelenggarakan berbagai kegiatan, salah satunya adalah kegiatanpemeriksaan kesehatan gratis yang meliputi, pemeriksaan tekanan darah dan pemeriksaan kadar asam uratuntuk lansia. Rencananya kegiatan pemeriksaaan tekanan darah dan asam urat tersebut akan dipantau di awal kegiatan dan di akhir kegiatan dengan harapan akan terdapat perbedaan hasil sebelum dilakukan intervensi dan setelah dilakukan intervensi keperawatan komunitas.

Panitia / Pelaksanan                :

  1. Penanggung Jawab Kegiatan : Balia Ibnu Bustomie
  2. Pelaksana pemeriksaan tekanan darah : Vianda Pramusti Sari&Rosiana
  3. Pelaksana pemeriksaan kadar Asam Urat :  Dinda Oktavianthi& Vanda Gita Rahmadani

Peserta                                     : 21 orang

Pelaksanaan kegiatan pemeriksaan kesehatan kepada lansia di RW 06 Kelurahan Meruyung melibatkan lansia secara langsung, dimana mahasiswa melakukan pemeriksaan kesehatan yang meliputi : Pemeriksaan Tekanan darah dan Pemeriksaan Kadar Asam Urat. Kegiatan ini dapat berlangsung dengan lancar sesuai dengan perencanaan sebelumnya serta  dengan adanya kerjasama antara mahasiswa dengan ketua RW 06, ketua RT 1, ketua RT 2. Ketua RT 3, dan kader.

Dari kegiatan pemeriksaan kesehatan pada lansia di RW 06  dapat disimpulkan bahwa lansia di RW 06, Kelurahan Meruyung memiliki kepedulian yang tinggi terhadap kondisi kesehatan mereka. Dari hasil observasi intervensi keperawatan yang meliputi pemeriksaan tekanan darah dan pemeriksaan kadar asam urat pada tanggal 21 Juli – 25 Juli 2018

4.jpg

Informasi

Newsletter

Daftar sekarang untuk menerima berita terkini, lowongan kerja, dan informasi lainnya.

Follow Us On

f