• Pilih Bahasa :
  • indonesian
  • english

KEGIATAN KOMUNITAS PADA AGREGAT LANSIA DI RW 06 KELURAHAN MERUYUNG KECAMATAN LIMO KOTA DEPOK

  • Terakhir diperbaharui : Selasa, 07 Agustus 2018
  • Penulis : Devi Puspita Sari, S.Komp
  • Hits : 3408

Pendidikan Kesehatan Tentang Ghout Athritis

Depok Tanggal 21 Juli 2018 tempat pelaksanaan di  Rumah Ibu Maryati RT 02 RW 06, Kelurahan Meruyung, Depok didampingi para dosen pembimbing yaitu Ns. Diah Ratnawati, S.Kep, M.Kep, Sp.Kep.Kom, Ns. Sang Ayu Made Adyani, S.Kep, M.Kep, Sp.Kep.Kom, Ns. ChandraTri Wahyudi, S.Kep, M.Kes.

Berdasarkan hasil pengkajian tanggal 9 Juli sampai 15 Juli 2018 didapatkan dua masalah utama pada lansia yaitu hipertensi dan asam urat. Menindaklanjuti permasalahan asam urat pada lansia tersebut maka mahasiswa/i UPN Veteran Jakarta berinisiatif membantu masyarakat dalam mengatasi masalah asam urat pada lansia dengan menyelenggarakan penyuluhan kesehatan tentang gout artritis untuk lansia dengan memberikan pengetahuan tentang penyebab, tanda dan gejala, cara pencegahan, dan cara perawatan gout artritis.

Pelaksanaan kegiatan penyuluhan kepada lansia di RW 06 Kelurahan Meruyung-Depok, melibatkan mahasiswa secara langsung yang mana mahasiswa selaku pemberi informasi kepada warga mengenai penyebab, tanda dan gejala, cara pencegahan, dan cara perawatan gout artritis. Kegiatan ini dapat berlangsung dengan adanya kerjasama antara mahasiswa dengan ketua RW, RT, dan kader.

Dari kegiatan ini terjadi peningkatan pengetahuan lansia mengenai asam urat yaitu terjadi peningkatan pengetahuan tentang asam urat dari 2 orang lansia (33%)  menjadi 4 lansia (83%) dari 6 lansia 

7.jpg

Pelaksanaan kegiatan senam lansia di Halaman rumah Ibu Maryati RT 02 RW 06 Kelurahan Meruyung, Depok melibatkan mahasiswa secara langsung dari mulai pembawa acara, instruktur dan fasilitator dalam kegiatan senam lansia. Kegiatan ini dapat berlangsung dengan adanya kerjasama antara mahasiswa dengan masyarakat RW 06 Kelurahan Meruyung

5.jpg

7.jpg

Informasi