• Pilih Bahasa :
  • indonesian
  • english

FIKES UPN Veteran Depok Sorot Difteri di Grogol

  • Terakhir diperbaharui : Jumat, 05 Januari 2018
  • Penulis : Devi Puspita Sari, S.Komp
  • Hits : 359

4.jpg

DEPOK – Menekan angka penderita difteri di Kota Depok. Fakultas Kesehatan (Fikes) Universitas Pembangunan Nasional (UPN) Veteran Jakarta memberikan pembahasan tentang difteri kepada warga Kelurahan Grogol, Kecamatan Limo, kemarin.

Dosen Fikes UPN Veteran Jakarta, Chandra mengatakan, pemberian pemahaman tentang penanggulangan penyakit difteri, wajib diketahui masyarakat luas, khususnya di Kota Depok.

Hal itu lantaran, sudah maraknya kasus difteri yang belakangan ini terjadi di beberapa provinsi di indonesia yaitu Dki Jakarta, Banten dan Jawa Barat. Bahkan di Kota Depok sudah dalam katagori Kejadian Luar Biasa (KLB).

“Kasus difteri ditemukan di Kecamatan Cilodong yang merengut nyawa seorang balita berusia empat tahun,” kata Chandra.

Untuk itu, kata dia, UPN Veteran Jakarta bekerjasama dengan puskesmas, dan Dinas Keseahatan Kota Depok memberikan pelayanan pemberian vaksinasi difteri di kawasan Kelurahan Grogol. Kegiatan itu berlangsung selama 14 hari mulai dari Selasa (12/12).

“ Kami lakukan untuk tujuan mencegah dan menurunkan angka kejadian kasus difteri yang berada di kota Depok,” ulas Chandra.

3.jpg

Tenaga Medis Puskesmas Grogol Bidan Sumiyati, mengatakan, kasus difteri merupakan kasus yangapat menyebabkan kematian. Salah satu tanda dan gejalanya yaitu terjadinya penebalan pada amandelerwarna putih keabu-abuan disertai nyeri menelan dan demam. Lalu, komplikasi yang mungkin terjadi dapat menyebabkan sesak nafas, infeksi jantung, syaraf dan bahkan dapat menyebabkan kematian.

“Difteri ini kejadian luar biasa di Kota Depok. Saat ini ditemukan  satu orang meninggal, empat orang positif terkena difteri dan 12 Suspect,” bebernya.

Informasi

Newsletter

Daftar sekarang untuk menerima berita terkini, lowongan kerja, dan informasi lainnya.

Follow Us On

f